Tips Sehat Di Musim Hujan, Cara Mudah Menjaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Sehat

Posted on

 

Sehatmudah.com – Sudah hampir setiap hari hujan turun. Terasa dingin dan basah sekitar kita. Tubuhpun harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca seperti ini. Sebenarnya apa yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat di musim hujan seperti sekarang ini ?

Selain harus menyiapkan dengan beberapa perlatan yang dibutuhkan selama musim hujan,  tubuhpun harus dipersiapkan dengan asupan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap sehat. berikut beberapa  cara  dan makanan sehat yang perlu dilakukan atau dikonsumsi  selama musim hujan.

Cara Mudah Hidup Sehat Di Musim Hujan

Meningkatkan imunitas tubuh

Tubuh perlu ditingkatkan daya tahannya. Caranya adalah dengan memberikan tambahan bawang putih ke dalam masakan yang dikonsumsi. Perlu diketahui, sebab selain buah-buahan sumber makanan yang baik bagi peningkatan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi bawang putih.

Mengonsumsi buah-buahan

Buah yang kaya vitamin C akan memberikan daya tahan tubuh yang cukup baik. Diantaranya adalah apel, mangga dan jeruk. Konsumsilah secara rutin. Anda dapat menghindari buah-buahan yang mengandung banyak air karena akan mendorong ruam-ruam pada tubuh. Buah-buahan itu seperti semangka dan melon.

Minum jus buah asli

Anda boleh minum jus buah asli, boleh juga ditambah sedikit garam, ini akan melindungi tubuh dari serangan penyakit batuk dan pilek yang biasanya terjadi saat musim hujan. Usahakan tidak memakai gula ketika musim hujan seperti ini.

Mengonsumsi sayuran kukus

Selama musim hujan, sebaiknya hindari mengonsumsi sayuran mentah. Gantilah dengan sayuran yang dikukus. Sayuran yang dikukus akan memungkinkan mengandung bakteri aktif yang lebih sedikit daripada sayuran mentah.

Minumlah teh herbal

Teh herbal yang dimaksud adalah teh  dengan kandungan madu, mint dan jahe akan mampu menjaga tubuh dari dehidrasi. Walaupun musim hujan, namun kelembaban tinggi  ternyata bisa menekan cairan tubuh tubuh hingga ke posisi yang membahayan.  Karenanya akan berefek pada penurunan daya tahan tubuh. Oleh karena itu mmeminum teh herbal  akan membantu menjaga kondisi tubuh selama musim hujan.

Mengonsumsi makanan pahit untuk menghindari infeksi

Infeksi dapat terjadi di konsisi yang lembab, dan merupakan gejala awal akan datangnya sebuah penyakit. Sumber makanan yang sesuai pada musim hujan ini adalah makanan yang mengandung rasa pahit dan getir seperti pare, kunyit dan melinjo.

Demikian tips sehat selama musim musim hujan agar tubuh tetap sehat. Salam sehat selalu.

sumber : dari berbagai sumber

baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *