Tidur lama, apakah berbahaya ?

Posted on

sehatmudah.com- Sebagai makhluk hidup sudah semestinya kita  mengalami yang namanya tidur, sebagai kegiatan istirahat yang efektif. Tidur yang cukup tentu sangat penting. Kita mungkin sangat tahu, bila kurang tidur akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Oleh karena itu, orang dewasa dianjurkan untuk tidur paling tidak selama 6 sampai 8 jam setiap malam.

Lalu bagaimana kalau tidur terlalu lama , apakah ada pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh?  Dilansir dari HuffingtonPost.com ,  berikut efek  tidur yang terlalu lama :

Inilah Pengaruh  Tidur lama bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan resiko depresi

Menurut penelitian tahun 2014, seseorang yang mengalami tidur terlalu lama mengalami peningkatan depresi.  Partisipan yang tidur selama 7-9 jam  semalam terbukti mengalami 27 persen gejala depresi, sedangkan yang tidur lebih dari 9 jam mengalami gejala depresi 49 persen.

Dapat melemahkan fungsi otak

Dalam studi tahun 2012 menemukan  beberapa hal, diantara wanita usia lanjut akibat tidur terlalu lama memperburuk fungsi otak  pada jangka waktu 6 bulan.

Akan susah hamil

Pada tahun 2013, tim riset asal Korea menganalisis kebiasan tidur pada 650 orang perempuan yang mengikuti program perwatan kesuburan. Diperoleh hasil bahwa jumlah kehamilan tertinggi terjadi pada mereka yang tidur selama 7-8 jam semalam. Sedangkan terendah terjadi pada mereka yang tidur lebih dari 9 jam. Ingatlah bahwa waktu tidur berpengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

Meningkatkan resiko diabetes

Dalam sebuah penelitian, tim riset menemukan bahwa merek yang tidur lebih dari 8 jam permalam, memiliki resiko terkena penyakit diabetes tipe dua apabila dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih sedikit.

Mengakibatkan Berat badan naik

Peneltian itu juga memantau berat badan orang dewasa selama 6 tahun, mereka yang terlalu sedikit  dan terlalu banyak tidur, rata-rata mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 kg, walaupun kegiatan fisik dan konsumsi makanannya sama.

Demikian beberapa akibat dari terlalu lamanya waktu tidur seseorang setiap malam. Oleh karena itu mari kita biasakan pola hidup sehat dengan tidur yang cukup. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

Sumber : Liputan 6

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *