Sariawan dan Penyebabnya

Posted on

sehatmudah.com – Sariawan merupakan luka kecil, dangkal dan terasa nyeri terjadi pada jaringan lunak dalam mulut, bawah lidah, pada dasar gusi atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan sering dikenal dengan aphthous ulcer,aphthous stomatitii, mouth ulcer atau canker sores. Penyakit ini muncul hanya satu kali atau beberapa luka sekaligus, yang pasti bahwa penyakit sariawan ini tidak menular.

Sariawan ini terjadi karena daya tahan tubuh yang lemah, kurangnya vitamin B12 dan/atau asam folat, serta disebabkan infeksi bakteri atau virus tertentu. Juga dapat terjadi karena perubahan hormon tubuh seperti saat mentrsuasi atau karena hamil.

Pada kasus tertentu, trauma pada jaringan lunak mulut bisa menyebabkan sariawan. Seprti karena lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, atau karena lidah luka tergores makanan yang tajam serta karena menyikat gigi yang terlalu keras lalu melukai gusi Anda.

Anda bisa terkena sariawan apabila pola hidup Anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung  vitamin B12 . Biasanya sariawan lebih sering terjadi pada remaja dan wanita dewasa muda.

Walaupun sariawan tidak berbahaya, rasa nyeri dan perihnya dapat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Biasanya sariawan lama sembuhnya, bisa satu atau dua minggu.  Akibatnya sariawan ini akan membuat Anda kurang nafsu makan bahkan karena perihnya sungkan untuk bercakap dengan kawan.

Demikian info kesehatan yang berkaitan dengan sariawan dan beberapa penyebabnya. Semoga Anda dapat menghindari penyakit tersebut dengan pola hidup yang sehat. salam sehah selalu.

Sumber : dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *