Sakit telinga, penyebab dan solusinya

Posted on

sehatmudah.com– Beberpa penyebab sakit telinga adalah infeksi telinga. Selain itu, sakit telinga juga karena adanya peradangan  atau penumpukan cairan pada slah satu bagian telinga.

Perlu diketahui bahwa anatomi telinga kita terdiri dari tiga bagian utama. Bagian tengah, luar dan dalam.  Bagian – bagian ini mempunyai peran masing-masing sehingga telinga berfungsi dengan baik.

Telinga bagian dalam  berperan dalam mengatur keseimbangan tubuh. Adanya gangguan pada satu  bagian telinga akan membuat pendengaran terganggu. Seperti gangguan telinga bagian dalam akan menyebabkan vertigo.

Beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri pada telinga

   

Infeksi telinga

Infeksi telinga, biasanya terjadi pada bagain telinga bagian tengah.  Infeksi ini karena tuba eutachius tersumbat atau bengkak, akibatnya terjadi penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyebab penyumbatan ini karena flu, alergi, merokok, infeksi sinus  atau karena produksi lendir berlebihan.

Beberapa gejala infeksi telinga antara lin berkurangnya pendengarann nyeri dari dalam telinga, dan keluar cairan dari telinga menyerupai nanah.  Infeksi ringan in bisa segera sembuh dengan sendirinya.

Anda dapat meredakan gejala yang muncul dengan cara :

  1. Mengonsumsi obat pereda nyeri atau obat-obatan bebas, seperti dekongestan
  2. Menggunakan obat tetes telinga agar dapat meredakan peradangan
  3. Menempelkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi

Sangat dianjurkan Anda  memeriksakan teling ke dokter spesialis THT, sehingga nyeri telinga yang Anda rasakan  belum juga reda.

Tinnitus

Tinnitus  merupakan kondisi seseorang yang secara subyektif mendengar suara mendenging di dalam telinga yang buka berasal dari luar tubuh. Gangguna ini akan terasa ketika sakit telingan  akibat telinga bagian tengah atau  dalam, tetapi penyebab pasti tinnitus masih belum diketahui secara jelas.

Ada beberapa upaya untuk mengobati tinnitus :

  1. Apabila kondisi ini karena ganggguan pada pembuluh darah, akan ditangani dengan obat-oatan atau operasi
  2. Menghilangkan kotoran telinga
  3. Kalau karena efek samping obat, maka sangat dianjurkan dengan mengganti obat
  4. Menghindari buni yang terlalu keras. Hal in kalau  pemicu tinnitusnya karena suara keras

Penyakit meniere

Penyakit meniere merupakan penyakit yang diakibatkan oleh dua gejala utama, yaitu pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus. Penyakit ini sering diderita oleh yang berumur 20 – 50 tahun, ditangani dengan obat-oabatan untuk menangani vertigo,  suntikan pada telinga bagian tengah atau operasi.  Segeralah periksakan ke dokter spesialis THT.

Barotrauma telinga

Barotrauma telinga merupakan cedera telinga akibat perubahan tekanan udara atau air  ketika seseorang mendaki gunung, naik pesawat, atau menyelam pada kedalaman tertentu. Gejala utamanya adalah hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, yeri dan kepala terasa pening.

Pada kasus tertentu, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran. Hal ini seperti karena penuaan, paparan suara bising, cedera kepala atau karena efek samping obat tertentu.  Oleh karenanya jagalah kesehatan telinga Anda setiap saat.

Demikian info kesehatan sekedar berbagi. Periksakan kesehatan telinga Anda ke dokter THT secara berkala. Salam sehat selalu.

Baca juga :

Sakit Kepala Yang Sering Tidak Disadari Penyebabnya dan Beberapa Solusinya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *