Sakit Maag Saat Berpuasa, ini Solusinya

Posted on

sehatmudah.com– Sakit maag dapat diketahui dengan melihat gejalanya salah satunya perut nyeri, mual, kembung, dan dada rasanya perih. Alasan sakit ini apakah menyebabkan Anda berharap tidak berpuasa ?

Berpuasa merupakan kewajiban yang diperintahkan Allah kepada hamba-Nya seperti telah diwajibkan pula pada umat manusia sebelumnya. Kepastian hikmahnya tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Pun termasuk cara mengerjakannya.

Memang boleh tidak berpuasa bagi yang sakit, yang apabila tetap berpuasa akan menambah sakit yang dideritanya. Tetapi secara umum, berpuasalah engkau pasti sehat.

Untuk Anda yang menderita maag, Anda dapat berpuasa dengan beberapa tips agar penyakit maag Anda tidak kambuh saat berpuasa.

Berikut beberapa tipsnya

Bagaimana Sakit Maag Saat Berpuasa, ini Solusinya

fimela.com

 

Usahakan  tetap sahur

Sahur itu dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan sebaiknya Anda mengakhirkan pelaksanaannya, jangan terlalu malam. Paling tidak bebrapa saat jelang imsak. Anda dapat istirahat menjelang sholat shubuh.  Pilihlah makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita maag.

Berbukalah dengan segera ketika telah tiba waktunya

Menyegarakkan berbuka ketika sudah masuk waktu magrib. Tidak dibenarkan menunda berbuka walaupun Anda sangat sibuk dengan kegiatan Anda. Terlebih Anda penderita maag.

Saat berbuka hindarilah untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Berbukalah dengan porsi yang sesuai.

Mengonsumsi makanan kaya serat ketika sahur

Usahakan selalu sahur. Nah ketika sahur, Anda biasakan dengan mengonsumsi makan

an yang kaya serat. Sayur, kacang-kacangan , beras, agar-agar dan gandum diyakini merupakan makanan yang kaya akan serat. Termasuk yang mengandung karbohidrat komleks. Jenis karbohidrat ini termasuk lambat diserap ke dalam  system tubuh. Sehingga akan memperlambat pengosongan lambung.

Hindarilah mengonsumsi makanan pemicu maag

Anda dapat menghindari makanan ketika  berbuka puasa dan sahur. Makanan  yang mengandung lemak, karena akan meningkatkan peradangan pada selaput lambung. Selaii itu hindari pula  makan olahan yang mengandung gula ( selain lemak trans ), mi dan pasta. Jenis makanan ini akan bisa mengiritasi selaput lambung. Termasuk juga makanan pedas agar dihindari penderita maag.

Anda dapat tetap berpuasa dengan  mengikuti tips tersebut. Selamat berpuasa, semoga tetap sehat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *