Sakit gigi dan penyebab gigi berlubang

Posted on

sehatmudah.com – Sakit gigi, penyakit kebanyakan orang, biasa diderita oleh setiap kalangan. Rasanya sakit bisa sampai ke hati. Tetapi bukan berarti lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Sakit gigi boleh jadi karena karena ggi berlubang. Boleh jadi juga karena gigi hendak tanggal,  biasanya ini terjadi pada anak-anak  yang masih berganti gigi susu ke gigi dewasa. Gigi berlubang dapat dialami anak-anak ataupun dewasa.

Sakit gigi  dan penyebab gigi berlubang

Beberapa faktor yang menyebabkan gigi berlubang.

Cara menyikat gigi yang tidak benar

 

Ada beberapa orang yang punya anggapan yang penting sikat gigi,  agar mulu t tidak bau, agar segar dan napas tidak berbau.  Sikap ini keliru,  sebab jika menyikat gigi asal saja, akan tidak adapt membersihkan sisa makanan pada sela gigi Anda.  Hal ini akan menyebabkan kuman pada sisa makanan  dan membuat gigi berlubang. Laksanakanlah menyikat gigi  dengan benar, paling tidak selama 2 menit.

Jarang menyikat gigi

 Penyebab gigi berlubang yang lainnya  yaitu jarang menyikat gigi. Dapat dibayangkan, ketika Anda malas menyikat gigi, maka bakteri dan kuman dari sisa makanan akan berkembang biak dengan  pesat  dan jadilah gigi Anda berlubang. Oleh karena itu menyikat gigi hendaknya minimal 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum Anda tidur malam.

Alat menyikat gigi  yang tidak sesuai

Menggunakan sikat gigi yang salah atau tidak sesuai akan menyebebkan gigi berlubang. Umpamanya, mulut yang kecil memakai sikat gigi yang besar. Akibatnya sikat gigi tidak dapat menjangkau semua gigi dengan sempurna, akhirnya sisa makanan yang tertinggal  tidak dapat dibersihkan sehingga menyebabkan bakteri berkemangbiak menyebabkan gigi berlubang.

Karies gigi

Karies gigi merupakan penyebab gigi berlubang.  Karies gigi ini adalah penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi.  Karies gigi dapat disebabkan oleh enamel gigi tidak terbentuk sempurna, karena masuknya bakteri streptoc mutans dan lactoballi ke dalam mulut serta faktor lainnya.  Segeralah  ditangani  agar gigi tidak berlubang.

Terlalu banyak makan makanan yang manis

Apabila terlalu banyak makan makanan dan minuman yang manis, maka bakteri akan semakin nyaman berkembang di mulut. Perkembangan bakteri ini akan mengubah zat – zat menjadi asam laktat, kemudian akan mengikis gigi secara perlahan, maka pertimbangkanlah untuk membatasi makan makanan yang terasa manis.

Lebih lanjut, biasakanlah menyikat gigi dengan benar, periksakan ke dokter gigi Anda secara berkala. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

Baca yang lain :

Obat sakit gigi yang alami dan mudah serta mujarab

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *