Perbedaan Campak dan Cacar Air, Mari kenali Agar Tepat Pengobatannya.

Posted on

Sehatmudah.com- Kesehatan anak-anak sangatlah  butuh perhatian. Walaupun demikian, anak rentan terhadap berbagai penyakit yang akan dideritanya. Salah satu penyakit yang sering diderita anak-anak adalh cacar dan campak.

Sekilas mirip dari ruamnya yang mncul pada kulit. Kedua penyakit yang sering diderita anak-anak ini memiliki perbedaan. Perbedaan kedua penyakit ini  disebabkan oleh viru yang berbeda.

Campak disebabkan oleh adanya virus paramyxo. Sedangkan cacar air karena tubuh terinfeksi viru s virusyaricella zoster. Akibat dari virus yang berbeda inilah akan membuat ruam yang ditimbukan kedua virus ini berbeda juga.

Kalau diperhatikan, ruam yang ditimbulkan campak nampak terlihat ada noda dan munculnya bintik-bintik putih pada kulit.

Ketika campak diderita, gejala awalnya adanya demam yang tinggi,batu, sakit tenggorokan, bersin-bersin , mata berair  serta sekujur tubuh terasa nyeri.

Perbedaan Campak dan Cacar Air, Mari kenali Agar Tepat Pengobatannya.

Perhatikan pula ketika cacar air, memiliki gejala yang mirip dengan timbulnya ruam pada kulit disertai demam tinggi. Juga cacar biasanya diikuti dengan benjolan merah atau merah muda yang agak basah pada tubuh yang membutuhkan waktu agak lama untuk keringnya.

Interval waktu kedua penyakit ini juga tidak sama, setelah beberapa hari   terserang cacar, ruamnya yang muncul  akan lebih sakit pada sekujur tubuh, sedangkan campak tidak sperti itu.

Penderita cacar air sering mengalami masalah pada perut dan gatal-gatal. Sedangkan yang menderita campak akan merasakan sakit agak lama, disertai demam, batuk dan pilek secara bersamaan.

Pengobatan penderita cacar biasanya dianjurkan untuk beristirahat  penuh sementara waktu. Dianjurkan juga untuk banyak minum air putih dan juga menghindari untuk menggaruk bagian kulit yang terkena cacar.

Sedangkan campak dianjurkan untuk tetap mandi dan mengenakan pakaian yang lembut.

Baca : Campak, gejala dan pengobatannya

Kedua penyakit ini  merupakan penyakit menular. Dapat menyebar melalui batuk dan bersin. Kontak dengan penderita yang terinfeksi langsung akan  menjadi sumber penularan.

Penyakit campak dapat dicegah melalui vaksinasi, sedangkan cacar tidak dapat dicegah dengan kegiatan vaksinasi.

Demikian info kesehatan ini, semoga Anda dapat membedakan kedua penyakit ini, sehingga dapat dengan mudah untuk mengindar serta memberikan pengobatan kepada Anak Anda.

Pastikan konsultasi ke dokter adalah hal utama dalam  memberikan pertolongan kepada penderitan kedua penyakit ini.

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *