Penyakit Kulit, Jenis Dan Obatnya Yang Mudah

Posted on

sehatmudah.com- Indonesia merupakan negara beriklim tropis dan masih termasuk negara berkembang. Penduduk Indonesia masih rentan dengan terjangkitnya penyakit kulit ini.  banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini, diantaranya karena suhu, lingkungan  dan boleh jadi karena kebersihan diri sendiri dan lingkungannya.

Kamu pasti sudah tahu, bahwa kulit merupakanj bagian tubuh yang dimiliki manusia.  Keberadaan kulit ini sangatlah penting, organ ini bertugas untuk menjaga dan melindungi bagian dalam tubuh dari dunia luar tubuh seperti bakteri, virus, dan mengatur perubahan suhu. Tentu Kamu tahu banyaknya jenis penyakit kulit ini.

Kulit kamu mungkin pernah mengalami bengkak, gatal-gatal, kemerahan hingga rasanya seperti terbakar.  Diantara maslah itu ada yang ringan sehingga tidak membahayakan, tetapi ada juga yang  membahayakan dan dapat megakibatkan kematian.

Penyakit kulit yang sering dijumpai seringkali karena kesalahan sendiri.  Misalnya karena kesehatan kurang baik atau karena krang memperhatikan kebersihan kulit.

Berikut ini beberapa yang perlu kamu ketahui termasuk cara pengobatannya.

Penyakit Kulit, Jenis Dan Obatnya Yang Mudah

 

Bisul ( furunkel )

Bisul merupakan infeksi kulit berbentuk benjolan merah dan bisa membesar. Seluruh tubuh kita bisa  jadi tempat tumbuhnya bisul, yang jelas bisul sering tumbuh di daerah yang lembab. Daerah itu seperti sela bokong, lipatan paha, leher, ketiak  dan kepala.

Bisul ini disebabkan karena infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit yang melalui folikel rambut, klenjar minyak, kelnjar keringat, lalu menyebabkan infeksi lokal.

Selain itu, hal lain yang menambah resiko terkena penyakit ini  yaitu kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, bisa jadi karena kosmetik yang meyumbat pori, atauoun karena penggunaan bahan kimia.

Agar terhundar dari penyakit ini, kamu harus menjaga kebersihan diri serta lingkungan di sekitar kamu dan kamu harus terbiasa mengonsumsi makanan yang bergizi.

Kudis ( scabies )

Penyakit ini karena adanya parasite tungau yakni sarcoptes scabiei var hominis. Biasanya orang yang kena penyakit ini  tinggal di tempat yang tidak terjaga kebersihan diri dan lingkungannya, kumuh dan kondisi yang memudahkan parasite ini berkembang biak.

Tanda kudis ini biasanya adanya rasa gatal yang hebat pada malam hari, pada bagian tubuh seperti sela jari, tanga, alat kelamin, pinggang dan bagian tubuh lainnya. Penyakit kudis rentan menular.

Penyakit kulit lainya : Penyakit kulit lainnya

Demikian info penyakit kulit ini…Semoga kamu dapat menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkugan  kamu agar tyerhindar dari penyakit ini. semoga bermanfaat

Baca juga :

Menu Sehat Untuk Berbuka ataupun Sahur, Mudah dan Sehat

Demam berdarah, gejala dan pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *