Obat Tradisional Untuk Diare Pada Anak

Posted on

sehatmudah.com-Anak yang terserang diare akan membuat ayah bundanya khawatir dan kadang cenderung panik.  Memang benar diare yang diderita harus segera diatasi. Agar tidak terjadinya dehidrasi yang akan berakibat buruk bagi kesehatan anak. Tetapi tenanglah…anda dapat meracik sendiri obat tradisional yang aman bagi kesehatan. Bahkan bahan-bahanya tersedia di sekitar Anda.

Obat Tradisional  Untuk Diare Pada Anak

Berikut beberapa obat tradisional untuk mengatasi diare pada Anak

  1. Oralit

Buatlah  larutan oralit agar dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare, sehingga agar badan tidak terlalu lemas.

Cara membuatnya ;  setengan sendok teh garam halus, dua sendok teh gula kemudian larutkan dalam satu gelas air putih hangat. Cara meminumnya tidak sekaligus diminum satu gelas habis, tetapi meminum 2 sampai 3 tegukan kemudian berhenti selama  sekitar 3 menit. Lakukan sampai larutan habis.

  1. Daun jambu biji

Cara  mengunakan obat ini, dapat langsung mengonsumsi daun jambu biji ini secra langsung. Atau dapat pula dengan mengambil daun yang masih muda lalu bersihkan dan tumbukklah sampai halus, peras hingga menghasilkan 1 sendok makan dan beri sedikit garam, lalu berikan kepada anak Anda. 

  1. Buah sirsak

Rasanya yang enak tetntu akan mudah memberikannya kepada si kecil. Caranya  siapkan buah yang sudah matang, lalu peras airnya. Minujmkan 2 – 3 sendok makan ketika Anak Anda terkena diare. 

  1. Kunyit

Ambillah bebera ruas kunyit, bersihkan dan cucilah sampai bersih.  Rebuslah dalam satu gelas air sampai tersisa 1/3 air dalam panci.  Tambahkan pula kapur sirih lalu aduk sampai merata. Tunggulah sampai dingin, saring airnya dan minumlah 3 kali sehari.  

  1. Air kelapa

Anda dapat memberikan air kelapa langsung kepada Anak Anda.  Karena dalam air kelapa terkandung zat elektrolit yang bisa menggantikan cairan tubuh serta membunuh bakteri penyebab diare.

Demikian beberapa obat tradisional untuk anak yang terkena diare.  Sangat dianjurkan agar anak diberikan air putih yang banyak. Karena ketika diare banyak cairan tubuh yang dikeluarkan, sehingga tubuh  membutuhkan asupan cairan lebih.  Sangat diperhatikan, bila diare masih terus diderita, segerah periksa ke dokter. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

baca juag :

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *