Obat Sariawan Yang Alami , Mudah Didapat Dan Mujarab

Posted on

sehatmudah.comSariawan yang terasa perih, nyeri dan mengganggu aktivitas sehari-hari ternyata tidak harus diobati dengan olesan obat kimiawi. Beberapa bahan alami berikut dapat mengatasi sariawan Anda.

Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) menganjurkan mengobati sariawan dengan obat yang mengandung vitamin C , bukan obat  kimia yang mengandung efek yang berbahaya bagi tubuh.

Berikut obat sariawan yang alami dan mudah didapat di sekililing Anda

Dikutip dari Top 10 Hom Remedies (16/18 ) beberapa bahan alami untuk mengobati sariawan :

  1. Madu

Cara penggunaannya : celupkan kapas ke dalam madu, kemudian oleskan ke area sariawan

  1. Lidah buaya

Cara penggunaanya : oleskan gel atau jus lidah buaya pada area yang terkena sariawan, ini akan mengurangi rasa perih serta akan meredakan sariawan

  1. Seledri

Kandungan seledri terdiri dari asam folat, vitamin B1, B2, B6 dan Vitamin C akan berguna menyembuhkan sariawan. Caranya : kunyah tangkai seledri dan rasakan beberapa menit ( 10 menit ) sebelum Anda buang.

  1. Daun kemangi

 

Daun kemangi mengandung sifat anti bakteri, antijamur dan antiviral. Karena kandungannya itulah daun kemangi akan mempercepat proses penyembuhan sariawan yang Anda derita. Caranya : cucilah beberapa daun kemangi ( empat atau lima ). Kunyahlah di bagian sariawan, lalu minum sedikit air setelahnya. Cobalah lakukan beberapa kali dalam sehari. Selain dapat meredakan sariawan, juga akan menghilangkan nafas yang tak sedap.

 

  1. Es batu

Cara penggunaannya : Oleskan es batu ke bibir atau daerah yang terkena sariawan, awalnya terasa perih dan sedikit panas, setelah itu rasa sakit akan menghilang dengan sendirinya.

 

  1. Akar manis

Cara penggunaannya : rendam satu sendok akar manis yang telah terlebih dulu dihaluskan ke dalam dua gelas air selama 2-3 jam. Berkukmurlah menggunakan air tersebut selama beberapa kali dalam sehari sampai sariawan Anda sembuh.

  1. Santan

Cara penggunaannya :  campurkan sedikit madu ke dalam satu sendok santan,  lalu oleskan ke bagian yang luka karena sariawan. Gunakan selama tiga sampai empat kali dalam sehari.

  1. Biji Ketumbar

Cara menggunkannya : rebus satu sendok ketumbar dalam segelas air, saringlah dan tunggu smpai dingin. Berkumurlah dengar air ketumbar tadi beberapa menit. Lakukanlah 3-4 kali dalam sehari. Insya Allah sariawan Anda akan reda.

 

  1. Soda kue

Cara penggunaannya : campurlah 1sdt soda kue dengan sedikit air untuk membuat tekstur cairan yang encer. Oleskan ke area sariawan atau dapat pula diusapkan. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Demikian beberapa obat alami yang mudah dan ada di sekitar Anda. Semoga bermanfa’at, salam sehat selalu.

Baca Juga : Sariawan dan Penyebabnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *