Menu Makanan yang Memberikan Kebugaran Selama Berpuasa

Posted on

sehatmudah.com- Melaksanakan ibadah puasa seharian akan terasa melelahkan. Walaupun sudah sahur, tetap saja tubuh mulai terasa kurang tenaga jelang siang. Terlebih setelah  zuhur. Ayo cari tahu apakah ada makanan yang dapat membuat tubuh tetap bugar seharian ketika berpuasa. Adakah makanan tersebut ?

Berikut beberapa makanan yang akan membuat Anda tetap terasa bugar ketika berpuasa :

 Menu Makanan yang Memberikan Kebugaran Selama Berpuasa

Kurma

Kurma merupakan tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Meskipun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia ( wikipedia )

Kurma mempunyai kandungan zat yang dibutuhkan tubuh. Zat-zat tersebut adalah sumber energy, serat, gula, vitamin dan mineral. Adapun mineral yang terkandung dalam kurma terdiri dari kalsium, fosfor, natrium, kalium magnesium, sulfur dan zat besi.

Sedangkan  vitamin yang ada dalam kurma sungguh luar biasa, yaitu vitamin thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folat, vitamin A , dan vitamin K.

Buah kurma memiliki banyak kandungan gula alami. Gula alami ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Gula alami itu seperti glukosa, frukosa, dan sukrosa. Oleh karena kandungan gulanya yang tinggi inilah kemudian kurma dapat menghasilkan energy tinggi yang baik untuk tubuh.

Minyak Zaitun

merdeka.com

Minyak zaitun mengandung zat yang baik untuk tubuh. Hasil penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi. Penggunaan mizak zaitun biasanya untuk memasak atau pelengkap salad, roti, muffin, kue dan pizza.

Gandum

Gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kadar indeks glikemik yang sangat rendah akhirnya dapat memudahkan proses pencernaan  juga dapat memberi rasa kenyang lebih lama dari makanan lainnya.

Madu

Madu sangat bermanfaat untuk tubuh.  Madu diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, juga sebagai sumber energy dan anti inflamasi.  Madu  dapat dihidangkan sebagai tambahan untuk the, jus, susu,  dan dapat pula dijadikan sebagai pengganti gula.

Anggur dan kismis

Anggur mempunyai kandungan resberatrol  dan juga antioksidan yang tinggi. Selain itu, flavonoid yang dikandungnya baik unutk menurunkan kadar lemak dan kesehatan jantung.

Adapun kismis merupakan anggur yang dikeringkan yang dipakai untuk campuran kue dan lainnya. .

Anda dapat menyantapnya sebagai camilan sehat setelah tarawih. Cobalah makanan ini dijadikan makanan pilihan selama menjalankan puasa tahun ini. semoga tubuh Anda tetap terasa sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *