Mengapa setelah sahur dianjurkan tidak langsung tidur ?

Posted on

sehatmudah.com- Sahur yang dilakukan setiap dini hari tentu mempunyai banyak hikmah untuk kesehatan. Paling tidak secara langsung  akan membuat tubuh tercukupi pasokan energinya selama seharian berpuasa.

Sayangnya banyak yang sahur terlalu malam atau sahur menjelang subuh karena merasa mengantuk, kemudian tertidur lagi. Anda mungkin khawatir akan mengantuk ketika beraktivitas esoknya.

Tahukan Anda bahwa banyak dampak buruk terhadap kesehatan tubuh Anda kalu terus dibiasakan. Sebenarnya apa saja dampak nya sehingga Agama juga menganjurkan agar  tidak tidur setelah makan sahur.

 Mengapa setelah sahur dianjurkan tidak langsung tidur ?

ilustrasi : dakwatuna.com

Lemak tubuh menimbun

Kebiasaan langsung tidur setlah sahur yang dilakukan keturunan keluarga gemuk  akan dapat meningkatkan risiko kegemukan 2 kali lebih banyak. Hal ini karena ketika Anda tertidur makanan yang masuk ke perut tidak segera dicerna oleh lambung.

Selama Anda tertidur hamper seluruh fungsi tubuh tidak aktif kecuali kerja jantung, otak dan paur-paru. Maka tidur  langsung setelah sahur akan tidak memberikan waktu untuk mencerna makanan yang masuk ke perut.

Asam lambung akan naik

Akibat dari makanan yang tidak langsung dicerna adalah akan menyebabkan masalah pada pencernaan Anda yaitu asam lambung naik. Nah, ketika makanan tidak dicerna baik,  lambung akan otomatis meningkatkan produksi asan lambung utnuk mempercepat prosesnya. Selain itu, ketika tertidur, gaya gravitasi akan  memperlonggar klep lambung yang akhirnya akan menyebabkan asam lambung dalam  perut mengalir balik ke kerongkongan.

Perlu diketahui, asam lambung ini akan mengikis lapisan dinding kaerongkongan dan menyebabkan luka. Akibatnya perut akan mulas, nyeri ulu hati, dan terasa panas seperti terbakar pada dada dan tenggorokan.

Refluks asam lambung

Refluks asam lambung ini  diakibatkan karena jumlah asam lambung yang dihasilkan terlalu banyak dan terjadi terus menerus.

Stroke

Akibat dari tidur setelah sahur yang kemudian membuat system pencernaan Anda sulit mencerna makanan. Selanjunya lambung Anda akan memrlukan suplai darah untuk memperlancar prosesnya.

Secara bersamaan, otak juga memerlukan  suplai darah yang stabil walaupun sedang tidur. Terkonsentrasinya suplai darah ke lambung ini akan membuat kekurangan oksigen. Dalam jangka panjang kegiatan ini akan menyebabkan otak kekurang suplai darah dan oksigen akibatnya akan terjadi stroke. Ayo masih berani tidur setelah sahur ?

Diare dan sembelit

Makanan yang tertimbun dalam perut yang belum selesai dicerna bisa menjadi gangguan pencernaan sperti diare dan sembelit. Hal ini tergantung pada jenis makanan yang masuk pada perut.

Itulah mengapa agar sahur itu sunnah dilaksanakan menjelang akhir, agar Anda dapat segera melaksanakan sholat shubuh berjamaan dan aktivitas ibdaha lainnya, sehingga terhindar dari kebiasaan buruk tidur setelah sahur? Inilah  Bukti bahwa Firman Allah SWT dan Sabda Rasul-Nya adal kebenaran yang nyata.

Demikan semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Reference : hello sehat dan lainnya

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *