Mengapa Sarap Kejepit ? Ini Penyebabnya

Posted on

sehatmudah.com-Dalam isitilah medis, sarap kejepit adalah Herniated Nucleus Pulposus ( HNP ) karena disbabkan oleh tonjolan abnormal dan bantalan tulang yang menekan saraf-saraf di tulang belakang.

Akaibat dari masalah ini, tentu akan memicu sensasi nyeri, baal, hingga kelemahan di bagian tubuh yangv terpengaruh saraf yang kejepit.

Kesempatan ini  akan disampaikan beberapa penyebab saraf kejepit.

Mengapa Sarap Kejepit ? Ini Penyebabnya

 

Mengangkat benda yang berat

Mengangkat benda-benda yang berat akan dapat  memperbesar terjadinya saraf kejepit. Walaupun demikian, tidak semua orang mengangkat benda berat akan mengalami saraf kejepit. Akan tetapi orang yang mengangkat benda-benda berat akan lebih berisiko daripada orang yang tidak.

Karena genetik

Setalah karena pekerjaan Mengangkat benda yang berat, saraf kejepit juga bisa terjadi karena faktor genetik.

Kegemukan

Orang yang kegemukan, ligamen atau penghubung antar tulangnya menjadi lebih lemah.  Apabila kondisinya lemah, maka  ini bisa menyebabkan tulang bergeser dan sarafnya menjadi terjepit.

Pernah Mengalami  terjatuh

 Apabila seseorang pernah mengalami terjatuh, apalagi sampai cedera pada sumsum tulang belakang boleh jadi dapat menjadi penyebab terjadinya saraf kejepit. Ketika saraf yang terluka karena pernah terjatuh digunakan dengan gerakan yang keliru, atau terlalu dipaksakan,  maka saraf kejepit bisa kambuh lagi.

Oleh karena itu, jika Anda pernah terjatuh karena kecekaan segeralah periksakan ke dokter, agar terdeteksi dan diberi perawatan lebih lanjut. Jangan dianggap sepele setelah kecelakaan dengan tidak memeriksakajn ke dokter.

Masalah Usia

 Penyebab lainnya dari saraf kejepit ini adalah karena usia lanjut. Maka perlu diperhatikan kemampuan Anda saat usis tidak muda lagi. Perhatikan kemampuan Anda sudah berbeda dengan masa muda dulu.  Jangan terlalu memaksakan diri untuk membawa atau mengangkat benda-benda berat sendirian. Selain itu dianjurkan Anda melakukan pemeriksaan rutin ke dokter  paling tidak setahun sekali.  Sehat itu penting. Usia boleh bertambah, tetapi kesehatan harus tetap terjaga.

Demikian info tentang saraf kejepit, semoga mejadi referensi Anda, sehingga dapat memilih kegiatan dengan tidak mengambil risiko buruk dari apa yang Anda kerjakan. Salam sehat selalu.

dari berbabagai sumber

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *