Mencegah dan Obat Sakit Mata Secara Alami dan Mudah

Posted on

sehatmudah.com- Siapapun tak ingin merasakan sakit mata. Berusaha menjaga kesehatan mata setiap saat.  Oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahui upaya  yang dapat dilakukan agar terhindar dari sakit mata.

Mencegah sakit mata

  1. Berusaha menghindari penyebab mata sakit dengan tida menyentuh mata setlah bepergian, atau menyentuh benda-benda orang yang sedang sakit mata. Anda dapat membiasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh mata.
  2. Menghindari menggunakan barang pribadi orang lain. Seperti handuk, kaca mata atau yang lainnya.
  3. Hindarilah mengucek-ngucek mata
  4. Berusaha menggunakan pelindung mata, seperti kaca mata pada tempat yang berisiko tertular sakit mata.
  5. Selalu memperhatikan kebersihan kacamata atau lensa kontak yang digunakan

Obat sakit mata alami yang aman dan mudah

Beberapa obat sakit mata yang aman dan mudah didapat seprti berikut ini :

  1. Tawas dan air mawar

Cara penggunaannya : sediakan 4 gm tawas dan campurkan ke dalam 25 gm air mawar. Teteskan campuran air ini 2-3 kali sehari.  Jika air mawar tidak ada, boleh menggunakan air suling atau air matang.

  1. Madu

Cara menggunakannya ; Oleskan satu tets madu ke dalam mata yang sakit. Jika merasa terbakar atau panas dengan mata Anda, jangan khawatir karena itu normal. Kethuilah madu mempunyai sifat pmbersihan dan antibakteri alami yang melindungi mata dari penyakit.

  1. Mentimun

Caranya adalah ambillah irisan mentimun dan masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Setelah itu letakkan irisan ketimun tersebut di atas mata selama 10 menit. Mentimun memiliki sifat antiiritasi  yang membantu mengurangi bengkak dan rasa sakit.

  1. Daun sirih

Cara penggunaannya :  ambilla beberapa lembar daun sirih, cuci dan rebuslah  dan tambahkan sedikit garam dapur hingga mendidih. Dinginkan dan saringlah. Setelah itu Anda dapat mencuci mata dengan air tersebut 3 kali sehari.

Demikian info cara mencegah dan pengobatan secara alami sakit mata. Segeralah periksa ke dokter bila sakit mata tidak mereda. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *