Manfa’at jahe untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit

Posted on

sehatmudah.com – Banyak tanaman di sekitar Anda yang banyak memberikan manfaat. salah satunya jahe. Berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan meredakan berbagai penyakit.

Manfa’at jahe  untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit 

  1. Mengatasi mual dan muntah

Jahe mempunyai aroma yang segar ketika dicium,tidak salah sebab menurut penelitian banyak manfaat jahe, alah satunya mencegah mual atau muntah serta menenangkan. Oleh karena itu pasien kemoterapi yang biasnya sering muntah akan diberikan terapi menggunakan jahe.

  1. Mengurangi nyeri otot

Mengonsumsi  jahe juga dapat menghilangkan ketidaknyamanan di otot akibat nyeri.

  1. Mengurangi peradangan

Jahe bermanfaat untuk kesehatan  yang berfungsi sebagai anti inflamasi, antiviral dan antibakteri dalam tubuh. Oleh karenanya mengonsumsi jahe akan mengueangi peradangan.

  1. Mencegah kanker usus

Menurut penelitian, bahwa mereka yang sering mengonsumsi jahe akan  memiliki resiko yang lebih menderita kanker usus.

  1. Menyembuhkan alergi

Alergi yang diderita  akan mengakibatkan rasa gatal di kulit. Untuk menyembuhkan alergi ada baiknya Anda mengonsumsi jahe.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat jahe yang lainnya adalh akan menyehatkan sistem pencernaan serta berbagai penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, seperti perut kembung atau naiknya asam lambung karena stres.

  1. Menyehatkan otak

Otak yang sangat urgen fungsinya dalam tubuh, ternyata akan

dapat nutrisi yang sehat dengan menggonsumsi jahe. Menurut penelitian, jahe akan menghambat proses peradangan pada otak.  Sehingga fungsi  otak secara umum akan meningkat.

  1. Menyembuhkan migrain

Jahe juga berguna  untuk menyembuhkan migrain. Secara klinis  dari 10 orang pasien migrain yang diberikan obat yang kandungannya terdiri dari bubuk jahe, membuktikan bahwa jahe mengurangi ketidaknyamanan karena migrain. Juga tidak ada efek samping

  1. Melindungi dari sinar Ultra Violet

Dari penelitian, menunjukkan bahwa jahe juga bermanfaat  untuk menyerap sinar UV yang dianggap sebagai penyebab kerusakan DNA. Ekstrak jahe akan merangsang produksi antioksidan dalam tubuh akibatnya akan memberi perlindungan dari sinar UV.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Jahe mengandung kandungan yang dapat mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid,  oleh karenanya jahe dapat memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu jahe juga memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

  1. Menjaga kesehatan tekanan darah

Penelitian di Thailand menyimpulkan bahwa jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah.  Khususnya bagi mereka yang sedang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Berkhasiat untuk osteoarthritis

Sebuah penelitian telah  memberikan kesimpulan bahwa jahe dapat  mengobati penyakit osteoarthritis.

  1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Rajinlah mengonsumsi jahe, insya Allah akan menambah imunitas tubuh.

  1. Melegakkan tenggorokan

Cobalah mengonsumsi jahe, tenggorokan Anda akan terasa hangat ditenggorokan akibatnya tenggorokan terasa lega. Apalagi ketika terasa gatal

  1. Mencegah kebotakan

Jahe juga bermanfaat untuk mendukung proses pertumbuhan rambut.  Karena jahe akan merangsang folikel di kulit kepala. Caranya  dengan menggunakann jahe sebagai masker rambut  dari jahe yang dihancurkan dengan minyak kelapa murni. Biarkanlah selama 30 menit lalu keramaslah dengan bersih.

Demikian semoga bermanfaat.

Sumber ;  dari berbagai sumber

Baca Juga : Pola Makan Sehat Untuk Orang Yang Sibuk Kerja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *