Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Mudah Didapat

Posted on

sehatmudah.com–  Senang rasanya mendengar kabar positif hamil, ketika sudah sangat lama pengen momongan. Setelah hamil, tentu harus dijaga asupan makanan sehatnya. Perlu diketahui ibu hamil memerlukan tambahan 300 sampai 500 kalori sehari. Karena apabila kekurangan nutrisi selama hamil akan berdampak pada perkembangan bayi.

Berikut beberapa makanan sehat yang mudah didapat untuk ibu hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Mudah Didapat

  1. Kacang-kacangan

Selama kehamilan ibu hamil dapat mengonsumsi kacang-kacangan. Diantaranya kacang kedelai, kacang tanah, buncis dan kacang polong.  Kacang-kacangan ini mengandung asam folat, serat, protein, zat besi dan kalsium. Zat-zat ini sangat  diperlukan  tubuh ibu hamil.

Tahukah Anda bahwa kekurangan  nutrisi tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan ibu dan janinya. Hal ini terutama pada trimester pertama.

  1. Ubi

Ubi merupakan makanan yang mengandung vitamin A, makanan sehat yang diperlukan ibu hamil. Perlu Anda pahami bahwa vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. Sangat disarankan ibu hamil mendapatkan asupan Vitamin A 10 sampai 40 % dari kebutuhan biasanya.

  1. Makanan dan minuman berbahan dasar susu

Mengonsumsi makanan yang berbahan susu dianjurkan untuk ibu hamil.  Karena kandungannya  terdiri dari protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk ibu dan janin. Produk yang disarankan diantaranya yogurt yang bisa mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Baca juga : Makanan Dan Minuman Yang Berbahaya Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

  1. Ikan salmon

Kandungan ikan salmon terdiri dari asam lemak omega-3 penting seperti EPA dan DHA. Zat ini sangat penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi yang sedang tumbuh. Perlu diperhatikan bahwa ibu hamil harus mengonsumsi ikan salmon yang sudah dimasak sampai matang.

  1. Brokoli dan sayuran hijau

Nutrisi yang terkandung pada brokoli dan sayuran hijau diantaranya vitamin C, K dan A serta kalsium, zat besi, folat dan kalium.  Sumber makanan itu juga banyak mengandung serat. Serta dibuthkan ibu hamil yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit. Juga dapat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan pencernaan ibu hamil.

  1. Telur

Telur merupakan makanan yang mudah didapat, murah juga. Kandungannya terdiri dari kolin yaitu nutrisi yang penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.  Perlu diketahui bahwa telur juga mengandung gizi secara keseluruhan untuk ibu hamil.

  1. Air putih

Minumlah air putih yang banyak. Karena volume ibu hamil akan meningkat hingga 1,5 liter. Sangat penting diketahui, bahwa apabila dehidrasi ibu hamil dengan gejalanya yaitu sakit kepala, gelisah, kelelahan, suasana hati yang galau dan cepat lupa.  Minumlah air putih secukupnya.

 

  1. Daging

Sumber protein dari dari daging sangat diperlukan ibu hamil. Daging itu diantaranya daging sapi, ikan dan daging ayam. Daging juga mengandung zat besi. Zat besi ini merupakan mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah.

Ibu hamil pada trimester ketiga sangat memerlukan zat besi, karena volume darah ibu hamil meningkat selama kehamilan tersebut. Tetaplah berkonsultasi dengan dokter Anda, supaya kesehatan Anda dan bayi Anda tetap terjaga. Salam sehat selalu.

sumber : dari berbagai sumber

Baca juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *