Makanan Pelancar Dan Penambah Serta Penyubur ASI

Posted on

sehatmudah.com – ASI mempunyai peran penting bagi bayi, karena memang menjadi nutirisi utama  bagi bayi. Masalahanya adalah tidak semua Ibu menyusui mempunyai ASI yang subur, adakalanya  mengalami hambatan. Tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan bayi.

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti itu, berikut sehatmudah bagikan beberapa makanan yang akan membantu memperlancar serta  menambah keluarnya ASI Anda.

Makanan Pelancar Dan Penambah  Serta Penyubur ASI

  1. Pepaya

Buah pepaya  salah satu buah yang bila dikomsumsi ibu menyusui baik untuk memenuhi kebutuhan kalium. Sebab apabila kekurangan kalium berpotensi mengalami depresi.

Buah pepaya termasuk makanan yang memperbanyak ASI. Karena kandungannya terdiri dari 33 % vitamin dan 50 % kalium.

  1. Wortel

Wortel juga merupakan sayuran yang mengandung enzim phytoestrogens  yang bermanfaat untuk memperbanyak ASI.  Kandungannya yang lain adalah vitamin A. Konsumsilah 1 gelas jus wortel sebelum makan siang, dapat memperbanyak ASI pada sore harinya. Cobalah bunda…

  1. Semangka

Mengonsumsi semangka baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A ibu menyusui. Selian itu kadar airnya yang tinggi  juga baik sebagai asupan cairan tubuh, kaya juga vitamin A dan C , kalium dan asam folat.

  1. Daun katuk

Mengutip dari hasil penelitian Sa’roni dkk 2004, Daun katuk mempynai kandungan protein, kalium dan fosfor yang baik untuk memperlancar ASI.  Menurut penelitiannya bahwa mengonsumsi daun katuk akan mempengaruhi  peningkatan volume ASI hingga menyentuh 50%. Cara penyajiannya dapat dijadikan sebagai sayur bening atau ditambah sayuran lain seperti jagung.

  1. Jambu air

Jambu air mengandung  vitamin A dan C, kalsium, fosfor dan zat besi. Kandungan kalsiumnya dapat mendukung kebutuhan kalsium yang dapat meningkatkan peran otot dan saraf. Sedangkan vitamin A berguna melindungi sistem kekebalan tubuh bayi dan dapat meningkatkan ketahaannya terhadap infeksi. Adapun kadar airnya yang cukup tinggi dapat memberi pengaruh untuk ketenangan dan kesegaran.

  1. Daun pepaya

Mengonsumsi daun pepaya oleh ibu menyusui akan menjadi makanan pelancar ASI. Juga kandungannya dapat membantu memperbanyak ASI.

  1. Edamame

Edamame mempunyai nutrisi  baik untuk menambah ASI. Kandunganya antara lain vitamin K, asam folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium. Tentu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui yang mencapai 65 gr. Cobalah , agar buah hati Anda terpenuhi asupan ASI nya.

Baca juga :

Makanan bayi yang sudah berusia 6 bulan sebagai pendamping ASI

  1. Kacang Almond

Kacang Almond aapabila dikonsumsi ibu menyusui akan dapat memperlancar ASI. Hal ini karena mengandung kalsium, sehingga dapat meningkatkan kualitas ASI.  Dengan demikian ASI eksklusif untuk ASI akan mudah terpenuhi.

  1. Bayam

Bayam mempunyai kandungan enzim phytoestrogens  yang dapat memperlancar dan memperbanyak ASI. Selain dalam bayam, enzim tersebut  juga terdapat pada sayuran yang berwarna hijau tua lainnya.

  1. Pare

Pare merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Karena rasanya yang agak pahit, banyak yang ibu menyusi yang tidak begitu suka. Ternyata kandungannya berguna untuk ibu menyusui yang terjangkit diabetes mellitus, karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Demikian info makanan untuk ibu menyusui, semoga bermanfaat.

Sumber : dari berbagai sumber

Baca juga :

Demam Pada Anak, Jenis dan Obatnya secara Tradisional

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *