Makanan bayi yang sudah berusia 6 bulan sebagai pendamping ASI

Posted on

sehatmudah.com– ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi sampai usia 2 tahun.  Pada usia 6 bulan bayi perlu diberikan makanan tambahan sebgai pendamping ASI.  Pemberian  makanan tambahan ini karena proses pencernaan bayi  sudah mulai sempurna, karena aman memberikan makanan tambahan.

Pemberian makanan tambahan ini sebagai tambahan nutrisi dan juga mengenalkan makanan lain selain ASI. Tetapi yang paling penting adalah bahwa makanan tambahan ini  harus halus sesuai  kemampuan bayi  dalam mencernanya. Selain itu cobalah makanan tambahan ini Anda yang meracik dan menyiapkannya, sehingga kualitasnya terjaga.

Makanan bayi  yang sudah berusia 6 bulan sebagai pendamping ASI

Berikut  beberapa menu makanan bayi  untuk yang sudah berusiaa 6 bulan :

  1. Pisang

Nutrisi dalam pisang antara lain vitamin A, fosfro, asam folat dan kalsium. Anda dapat memberiak kepada bayi Anda dengan cara menjadikan pisang sebgai bubur, atau boleh langsung  berupa pisang dengan sedikit-sedikit mengerok daging pisang menggunakan sendok.

  1. Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan mineral yang tinggi. Anda dapat memberikan wortel  rebus  yang telah dihaluskan kepada bayi Anda sedikit-sedikit.

  1. Bubur pepaya

Pepaya mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan proses pencernaan.  Selain itu juga mengandung nutrisi zat besi dan asam folat  untuk membantu proses perkembangan otak, kalsium dan zink yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

  1. Bubur alpukat

Alpukat mengandung vitamin A dan C, kalsium dan magnesium. Nutrinya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bayi. Bubur alpukat ini  dapat memberikan manfaat sebagai upaya memperkenalkan berbagai rasa kepada buah hati Anda.

  1. Bubur pir

Anda dapat memilih  buah pir xiang lie untuk bahan bubur, karena sudah cukup manis yang tidak memerlukan penambahan gula. Kupaslah dan kemudian haluskan menggunakan blender.

  1. Bubur susu

Bubur yang dapat dibuat dengan bahan tepung beras merah dan tambahan susu. Perlu diketahui bahwa beras merah mengandung lebih banyak nutrisi bila dibanding membuat bubur susu dengan beras putih. 

  1. Bubur ubi jalar

Ubi jalan kaya nutrisi, kandungannya antara lain kalsium, zat besi serta vitamin A, E dan C.  anda dapat  membuatnya bubur atau cukup direbus saja.

  1. Bubur kacang panjang

Kacang panjang mengandung serat dan vitamin B.  caranya buatlah bubur dengan bahan dasar kacang panjang dan ditambahkan susu.

  1. Bubur kentang

Kentang dapat dijadikan sebagai  makanan tambahan untuk bayi . caranya adalah dengan  merebus kentang sampai lunak lalu tambahkan susu. Atau dalam bentuk bubur . selain itu makanan tambahan ini pula untuk memperkenalkan rasa gurih kepada bayi.

  1. Nasi tim

Cara menyajikan nasi tim dengan bahan dasar beras, santan dan garam secukupnya. Dapat pula menambahkan sayuran sperti bayam , wortel atau ikan sebagai tambahan nutrisi bayi Anda.

  1. Bubur jagung sayuran

Anda bisa  menggunakan jagung manis, haluskan dengan blender. Bisa juga anda  tambahkan  saus dari wortel dengan cara merebus wortel dan tomat kemudian haluskan.

  1. Bubur kacang hijau

Kacang hijau mengandung protein, serat dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Anda dapat  membuat bubur kacang hijau dengan cara merebusnya sampai kelihatan empuk dan lembut.

Demikian beberapa menu makanan tambahan untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan. Dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

Baca juga :

Makanan Dan Minuman Yang Berbahaya Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *