Kolesterol Tinggi Bisa Menyerang Berbagai Usia, Ini Penyebabnya.

Posted on

 

sehatmudah.com – Banyak yang menganggap bahwa kolesterol tinggi hanya  bisa diderita oleh orang  tua. Ternyata kolesterol tinggi ini  dapat  diderita oleh semua usia. So pasti karena pola hidup  Anda yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak teratur .

Seperti yang disampaikan oleh Institut Jnatung, Paru dan Darah Amerika , Kolesterol didefinisikan  sebagai zat seperti lilin dn lemak yang ditemukan di semua sel tubuh.  Kolesterol dibawa melalui tubuh oleh dua jenis lipoprotein, satu yang baik dan satunya lagi sangat buruk.  Apabila  dikatakan berkolesterol tinggi, berarti kadar LDL dalam darah Anda tinggi dan lipoprotein buruk. Waspadalah.

Kolesterol Tinggi Bisa Menyerang Berbagai Usia, Ini Penyebabnya.

 

Selain faktor genetik, kolesterol tinggi juga bisa karena mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kolesterol atau juga karena kurang berolahraga.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab kolesterol dari  makanan

  1. Ayam Goreng
  2. Kentang goreng
  3. Es krim
  4. Daging merah
  5. Hati
  6. Kuning terlur

Selain itu  penyebab kolesterol  tinggi juga karena gaya hidup :

  1. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Seperti kuning telur, keju, santan, krim , dan mentega
  2. Kurang berolahraga atau kurangnya aktivitas. Akibatnya  dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  3. Kebiasaan yang tidak baik juga adalah kebiasaan merokok. Dalam rokok ditemukan zat kimia yang disebut akrolein. Karena zat ini akan menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Akhirnya,  berakibat terjadinya penumpukan arteri atau aterosklerosis.
  4. Kebiasan lainnya adalah banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini akan  meningkatkan kadar kolesterol jahat dan triliserida dalam darah.
  5. Karena obesitas. Dinyatakan obesitas apabila memiliki indeks massa tubuh di atas 30 ( kg/m2) sedangkan ukuran lingkar pinggang apabila berlebih melewati 102 cm pada laki-laki dan 89 pada perempuan. Obesitas ini cenderung meningkatkatkan kadar kolesterol LDL dan trigleserida, juga menurunkan kadar kolesterol HDL. Waspadalah..
  6. Karena memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi, diabetes, penyakit liver dan penyakit ginjal.
  7. Selain itu, penyebebab kolesterol tinggi karena usia bertambah. Usia tua akan risiko kolesterol tinggi akan memicu arteroklerosis lebih besar.

Demikian infi sehatmudah untuk saat ini. semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

dari berbagai sumber

Baca juga :

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *