Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Pepaya ini nama latinnya adalah carica papaya merupakan family dari caricaceae.  Dikutip dari wikipedia, Pepaya (Carica papaya ), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.  papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Sebenarnya, Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”.

Tumbuhan ini banyak tumbuh di sekitar kita.  Tumbuhan ini banyak dipergunakan untuk obat dan menjaga kesehatan tubuh. Bagian yang sering dijadikan bahan adalah daun dan  akar nya.

Resep tradisional dari pohon papaya ini sebagai berikut :

Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

  1. Obat cacing

Caranya :  ambillah akar papaya I jari tangan. Bawang putih satu suing, air 100ml. bahan itu semua direbus sampai mendidih. Minumlah dua kali sehari . setiap minu sebanyak 100 ml.

  1. Demam dan mules

Ambilah daun papaya 1 helai. Daging buah asam secukupnya. Air 100 ml. rebuslah sampai mendidih.  Minumlah dua kali setiap hari sebanyak 100 ml.

  1. Haid yang disebabkan karena kecapaian

Caranya : Anda dapat mengambil daun papaya muda segar sebanayk 1-2 helai, garam sedikit, air secukupnya dan dipipis ambil airnya dan minumlah  satu kali sehari ¼ cangkir.

  1. Malaria

Caranya : ambillah daun papaya muda segar 1 helai, meniran 5 phon, air 100 ml. rebuslah  sampai mendidih.  Anda dapat meminumnya satu kali sehari 100ml atau kalau dari hasil yang dipipis sebanyak ¼ cangkir

  1. Nyeri sendi

Akar papaya ( setengah ) botol sirup, garam dapur 2 sdm, kayu putih  2 sdm, arak secukupnya. Semua ramuan dimasukkan dalam botol, ditambah arak sampai penuh, kemudia jemur dipanas matahari selama 10 hari. Digosokkan pada sendi yang sakit sebelum tidur.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *