Kenapa berbuka puasa dianjurkan dengan kurma ? inilah jawabannya

Posted on

Kurma tang biasa tumbuh di tanah  Arab ini  memiliki kandungan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga dapat mencegah penyakit jantung bahkan dapat meningkatkan kesehatan otak.

Kurma memiliki kandungan yang luar biasa, diantaranya sumber energy, serat, gula, dan berbagai vitamin  yang dibutuhkan tubuh.

Mineral dalam kurma ini terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium magnesium dan sulfur. Selain itu, buah kurma juga mempunyai kandungan vitamin, vitamin thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folat, vitamin A dan vitamin K.

Kandungan nutrisi yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh Itulah kenapa  ketika berbuka dianjurkan untuk mengonsumsi kurma.

Baiklah, Anda dapat mengikuti ulasan manfaat kurma  secara rinci sebagai berikut :

Kenapa berbuka puasa dianjurkan dengan kurma ?  inilah jawabannya

  1. Sumber Energi yang Baik

Kandungan gula yang tinggi dan alami pada buah kurma seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa, inilah yang menjadi energi tinggi  pada buah kurma. Maka ga usah ragu ketika berbuka siapkan buah kurma dengan segelas air putih. Maka energi yang berkurang saat berpuasa segera pulih kembali.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Melalui dari sebuah penelitian disebutkan bahwa kurma juga dapat melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan.  Demikian  hasil penelitian oleh Musthafa Mohamed Essa. Ph.D  dkk. Buah kurma merupakan sumber serat makanan yang baik dan kaya fenolat total dan antioksidan alami.

  1. Membantu meringankan sembelit

Ternyata banyak orang Tunisia yang menggunakan kurma sebagai obat tradisional yang  untuk mengobati sembelit.

Menurut penelitan, makanan yang kaya serat sangat penting dalam membantu  gerakan usus yang sehat dalam melewati makanan  melalui saluran usus. Karena buah ini sangat kaya serat, maka serat yang larut  membantu pencernaan dan dapat membantu mengurangi sembelit ini.

  1. Meringankan Anemia

Kurma  mengandung banyak zat besi. Anemia merupakan penyakit karena kekurangan zat besi, maka dengan mengonsumsi kurma, maka akan membantu terhadap anemia ini.

  1. Mencegah penyakit jantung

Kurma juga memiliki efek menguntungkan pada asam lemak jenuh dan stres  oksidatif. Demikian kesimpulan sebuah penelitian.

Oeleh karena itu, maka kurma sering dikaitkan dengan masalah jantung  dan memiliki  potensi  untuk mencegah atherogenesis yang mengarah  ke penyakit kardiovakular. Selain itu, kurma yang dikolaborasikan dengan buah delima  kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi risiko stroke.

Demikian beberapa manfaat kurma, maka jangan ragu berbuka dengan kurma, selain mengikuri anjuran Rasul juga membuat tubuh Anda akan lebih sehat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *