Kurma dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

sehatmudah.com- Kurma merupakan tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Meskipun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia ( wikipedia )

Kurma mempunyai kandungan zat yang dibutuhkan tubuh. Zat-zat tersebut adalah sumber energy, serat, gula, vitamin dan mineral. Adapun mineral yang terkandung dalam kurma terdiri dari kalsium, fosfor, natrium, kalium magnesium, sulfur dan zat besi.

Sedangkan  vitamin yang ada dalam kurma sungguh luar biasa, yaitu vitamin thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folat, vitamin A , dan vitamin K.

Oleh karena itu, wajar kalau kurma kemudian dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung juga dapat meningkatkan kesehatan otak.

Berikut diantara manfaat kurma untuk kesehatan :

Kurma dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Sumber energi  yang baik

Buah kurma memiliki banyak kandungan gula alami. Gula alami ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Gula alami itu seperti glukosa, frukosa, dan sukrosa. Oleh karena kandungan gulanya yang tinggi inilah kemudian kurma dapat menghasilkan energy tinggi yang baik untuk tubuh.

Maka wajar apabila ketika berbuka puasa dianjurkan untuk berbuka dengan 3 butir kurma dengan segelas air putih. Kandungan gulanya itu akan segera menggantikan energi yang hilang saat berpuasa. Saat tubuh menyerap nutrisi yang tinggi adri kurma, pada saat bersamaan rasa lapar mudah dikendalikan. Akhirnya cobalah Anda berbuka dengan kurma, pasti berkah.

Kurma dapat meningkatkan kesehatan otak

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa buah kurma yang dikonsumsi akan dapat melindungi otak dari stress oksidatif dan peradangan.

Dengan nutrisi yang terkandung dalam buah kurma itulah kemudian buah ini menjadi buah super yang djadikan menu utama dalam berbuka puasa. Selain manfaat tersebut, berikut beberapa manfaat lainnya :

  • Membantu meringankan sembelit
  • Bantuan gangguan usus
  • Membantu meringankan anemia
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengobati lemah syahwat
  • Mencegah rabun senja
  • Mencegah risiko kanker colon
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan berat badan secara sehat

Demikian beberapa manfaat kurma untuk kesehatan, maka jangan ragu untuk menyiapak buah kurma untuk berbuka puasa. Kebenaran dari Tuhan selalu pasti. Ikuti sunnah Rasul yaitu berbuka dengan kurma.

Semoga ibadah puasa kita mendapat pahala dari Allah SWT. Amin.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *