Cara Mudah Menurunkan Demam pada Anak  dengan obat alami

Posted on

Sehatmudah.com- Ayah bunda sekeluarga selalu mendambakan keluarga sehat semuanya. Terlebih si kecil yang masih anak-anak tentu juga kesehatannya sangat dijaga. Pastilah akan kewlahan ketika sikeci terkena panas atau demam, terlebih kalau malam hari. Pastinya sekeluarga akan berusaha meredakan demam pada anak Anda.

Banyak cara yang dilakukan agar demam pada anak Anda segera reda, baik segera pergi ke dokter ataupun dengan penggunaan obat tradisional yang ada di sekitar Anda. Juaga biasanya menggunakan hal – hal yang biasa dilakukan orangtua ketika Anda masih kecil.

Beberapa cara berikut dapat dengan cepat dan mudah meredakan serta menurunkan demam pada anak Anda.

Demam sebenarnya merupakan kondisi yang dialami tubuh ketika berusaha untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh.  Kadang demam terjadi  jika suhu tubuh sudah mencapai 37° C atau lebih.

Ketika anak Anda demam segeralah lakukan bebrepa kegiatan berikut :

Cara Mudah Menurunkan Demam pada Anak  dengan obat alami

Segera kompres dengan air hangat

Anda dapat mengompres anak Anda dengan air hangat untuk menurunkan demam, biasa kegiatan ini dilakukan oleh orang tua sejak dulu. Walaupun mungkin beberapa anak merasa tidak nyaman dengan kompresan di dahinya. Sebenarnya cara inji hanya menurunkan panas sementara saja, tetapi cukup untuk segera  menurunkan demam anak Anda.

Ramuan bawang merah

Bawang merah mempunyai kandungan minyak atsiri dan bahan lainnya yang sangat bermanfaat  untuk meredakan  demam pada anak Anda. Caranya, Rajang ataau parut bawang meraah dengan potongan agak kasar lalu campur dengan minyak kayu putih atau minyak kelapa, lalu balurkan atau oleskan ke seluruh tubuh sikecil. Anda perlu memastikan kondisi kulit anak Anda tidak bersifat sensitive khawatir terjadinya iritasi.

Memberi minum air putih hangat

Anda dapat memberikan air putih hangat kepada sikecil dnegan porsi yang banya. Agar dapat segera menurunkan panas dan akan mencegah terjadinya dehidrasi pada anak Anda.

Menyeka tubuh Anak dengan air hangat

Anda dapat menyeka tubuh anak dengan air hangat  sekitar 29-32 derajat C. gunakan handuk kecil atau waslap.  Air hangat tersebut ketika mengenai kulit akan membantu menurunkan demam sedikit demi sedikit. Jangan menggunakan air dingin, karena akan menyebabkan anak menggigil dan membuat reaksi suhu tubuh akan naik.

Mengatur suhu kamar agar nyaman

Aturlsh suhu kamar anak  Anda senyaman mungkin. Sehingga anak tidak merasa terlalu pasa ataupun terlalu dingin. Karenanya anak akan merasa nyaman dan dapat beristirahat.

Memakaikan pakaian yang tipis

Memakainkan pakaian yang tipis akan mempermudah panas keluar dari tubuh anak. Pakaian yang tebal justru  akan dapat mecegah  panas tubuh  anak Anda keluar.

Memberikan asupan makan yang banyak

Pastinya, ketika tubuh terkena demam akan memerlukan nutrisi  yang lebih banyak. Oleh karenanya dengan memberinya asupan makan yang bergizi akan segera meredakan demam. Biasnya dengan makanan yang mudah disuap seperti sup hangat dan lainnya.

Memijat tubuh anak

Anda dapat memijat tubuh sikecil dengan pijatan yang lembut, efeknya akan membuat anak Anda tenag dan merasa nyaman. Anda dapat dengan mengoleskan minyak gosok yang hangat seperti minyak telon  atau lainnya, sehingga pori-porinya terbuka dan suhu panas seger tunun.

 

Memberikan asupan vitamin C

Asupan Vitamin C akan bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan radang yang menjadi penyebab demam, karena  Vitamin C memiliki sifat anti radang. Berikan Vitamin C sesuai dosis atau sesui anjuran dari dokter Anda.

Demikian bebrapa kegiatan yang mudah dan segera  yang dapat menurunkan demam pada anak, terakhir Anda bisa memberikan anak Anda paracetamol penurun panas. Apabila masih berlanjut, segeralah periksa ke dokter anak Anda. Semoga bermnfaat.

Dari berbagai sumber.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *