Cara meredakan sakit kepala yang mudah dan tidak perlu obat

Posted on

sehatmudah.com– sakit kepala merupakan penyakit yang sering dialami oleh kita sehari-hari. Penyebabnya kadang tidak disadari oleh kita. Kadang karena makan yang terlambat atau karena kurang istirahat.  Walaupun sepertinya sederhana, tetapi Anda harus tetap tidak meremehkannya, karena dengan sakit ini aktivitas Anda akan terganggu.

Biasanya  Anda akan langsung memutuskan meminum obat sakit kepala.  Sebenarnya mengonsumsi obat-obatan  secara terus menerus akan memberikan dampak kepada kesehatan, karena  kandungan bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya aspirin yang dapat meredakan sakit kepala, apabila diminum terus menerus akan dapat merusak ginjal.

Cara meredakan sakit kepala yang mudah dan tidak perlu obat

Berikut bebrapa cara meredakan sakit kepala dengan mudah tanpa harus minum obat

  1. Menggunakan es batu

Cara menggunakannya: bungkuslah bongkahan es batu denga kain, lalu usap-usapkanlah pada bagian kepala yang terasa sakit.  Sensasi dinginya es aakan membuat otot menjadi rileks, sehingga sakit kepala akan segera reda.

  1. Minum air mineral

Perbanyaklah minum air putih,  agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Sebab salh satu sebab sakit kepala karena dehidrasi.

  1. Makan kentang

Caranya adalah dengan makan kentang rebus.  Sebab bisa jadi sakit kepala kerena kekurangan kalium. Nah kentang merupakan bahan makanan yang banyak mengandung kalium.

  1. Makan pisang

Makanlah pisang minimal 3 buah setiap hari secara rutin.  Keran pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium.

  1. Makan makanan atau minum yang mengandung mint

Caranya  dengan mengonsumsi teh mint yang sudah banyak tersedia di pasar.  Sebab mint bisa menyembuhkan sakit kepala yang disebabkan karena terlambat makan dan maag.

  1. Meminum kopi tapi tidak berlebihan

Cara menggunakannya dengan meminum 1 gelas kopi, tidak lebih.  Kandungan kafeinnya dapat menenangkan sistem saraf yang tegang.

  1. Mengoleskan minyak kayu putih

Kayu putih mengandung sineol, terpinol, aldehid valerat dan butirat yang dapat diguanakan sebagai cara menghilangkan sakit kepela sebelah.

  1. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi

Caranya dengan menghirup minyak atau lilin aromaterapi. Sebab aromaterapi  akan membuat rileks saraf  yang tegang.

  1. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih

Caranya dengan mengirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih.  Uap yang dihirup ini akan membuat rileks saraf yang tegang.

  1. Mengonsumsi biji wijen

Biji wijen mengandung vitamin E. Mampu digunakan untuk menghilangkan saki kepala.  Terutama sakit kepala belakang.

Demikian beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami. Semoga bermanfaat. Tetaplah periksakan kesehatan Anda kepada Dokter dan  berprilakulah dengan prilaku yang sehat. Salam sehat selalu.

Dari berbagai sumber.

Baca juga :

Sakit Kepala Yang Sering Tidak Disadari Penyebabnya dan Beberapa Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *