Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami yang Mudah Didapat

Posted on

sehatmudah.com- Asam urat adalah radang yang terjadi pada persendian tubuh seperti sendi lutut kaki dan lain sebagainya. Terjadinya asam urat biasanya juga diiringi dengan kemerahan dan bengkak pada bagian yang sakit. Saat kondisi seperti ini penderita asam urat pasti membutuhkan obat yang bisa diandalkan.

Ada beragam obat asam urat yang tersedia, baik dalam bentuk sintetik ataupun jamu. Sekarang banyak obat untuk asam urat dari bahan-bahan herbal. Berikut bahan alami yang bisa membantu mengobati asam urat.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami yang Mudah Didapat

  1. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat digunakan untuk membantu mengobati asam urat. Seperti  yang  disebutkan dalam sebuah jurnal Annals of Biological Research bahwa sifat antiinflamasi yang ada dalam jahe sangat efektif untuk mengurangi gejala penderita asam urat.

Artikel terkait : Manfa’at jahe untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit

Oleh karena itu, nutrisi yang dianggap sebagai obat asam urat pada jahe yaitu gingerols dan shogaol. Berikut cara mengobati asam urat dengan jahe.

  • Jahe yang sudah dibersihkan, direbus sampai air rebusan berubah warnanya. Konsumsilah 2-3 kali sehari
  • Bisa dibuat sebagai pasta jahe yang dicampurkan denga sedikit air. Lalu pasta ini dioleska pada daerah yang sakit. Biarkan sekitar setengah jam. Lakukan hal ini sekali dalam sehari.
  1. Daun Binahong

Selain jahe , daun binahong juga dapat dijadikan sebagai obat asam urat karena kandungan di dalamnya seperti asam oleanolik, saponin, alkaloid, vitamin C, flavonoid, minyak atsiri. Kandungan tersebut dapat membantu dalam pengobatan asam urat.

Adapun cara mengobati asam urat dengan daun binahong yaitu sebagai berikut.

  • Rebus 20 lembar daun binahong dengan sekitar 8 gelas air dengan api sedang. Bersihkan dahulu daun binahong dengan air lalu remas sampai lendirnya keluar. Rebus hingga mendidih dan biarkan air berkurang kira-kira hingga 3 gelas saja. Setelah itu, minumlah air rebusannya.
  • Ambil 15 gram daun binahong yang telah dicuci bersih ditambahkan dengan madu secukupnya, direbus sampai mendidih. Setelah itu saring sebagai ramuan dan daun binahong siap diminum.
  • 15 gram daun binahong yang telah dicucui bersih, dijemur sampai benar-benar kering, dianjurkan dijemur selama satu hari penuh. Setelah kering dipotong lalu dibuat menjadi bubuk. Setelah itu, masukkan ke oven serbuk binahong tadi dengan suhu sekitar 50 derajat celcius. Biarkan daun mengering hingga hanya tersisa 10% kandungan air didalamnya. Masukkan ke dalam kantung yang biasa digunakan untuk teh celup. Teh daun binahong siap disajikan.
  1. Buah ceri

Buah ceri ini ternyata sangat baik untuk seseorang yang mengalami peradangan, termasuk asum urat. Antioksidan yang ada di dalam buah ceri mampu mencegah produksi asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Selain itu ceri juga mengandung antosianin yang dapat mengurangi peradangan dan kekambuhan asam urat.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2012, pasien yang mengalami asam urat kemudian mengonsumsi buah ceri rutin mengalami sakit yang lebih sedikit daripada pasien asam urat yang tidak mengonsumsi buah ceri. Untuk penderita asam urat dianjurkan mengonsumsi buah ceri 15-20 buah per harinya. Cara lain yaitu dengan meminum segelas jus ceri hitam setiap hari. Anda dapat menambahkan beberapa siung bawang putih yang telah dicincang ke dalamnya. semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber

Baca juga :

Mengapa Sarap Kejepit ? Ini Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *