Cara Mengobati Ambeien dengan Obat Alami

Posted on

Tahukah Anda tentang ambeien? Ambeien adalah suatu penyakit terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah pada area anus atau dubur. Pembengkakan tersebut terjadi akibat adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur yang menghalangi aliran darah menuju anus.

Penyebab ambeien salah satunya karena susah untuk buang air besar, yang akhirnya seseorang akan mengejan atau bisa saja karena Anda duduk dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama. Gejala yang biasanya diderita oleh penderita ambeien biasanya seperti ada benjolan di anusnya, terjadi pendarahan ketika buang air besar, keluarnya lendir ketika buang air besar, dan panas atau gatal di daerah anus atau dubur.

Ambeien yang semakin parah bisa ditandai dengan darah yang keluar bersamaan ketika buang air besar. Hal seperti ini seharusnya diatasi karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf jika infeksinya sudah meluas. Salah satu penanganan ambeien yaitu dengan melakukan operasi. Namun, dengan dilakukannya operasi tidak menjamin sepenuhnya bahwa ambeien yang diderita sembuh total atau tidak timbul kembali.

 

Jangan panik dan tergesa-gesa, Anda dapat mengobati ambeien tanpa harus melakukan operasi. Anda dapat menggunakan tanaman disekitar rumah Anda untuk mengobatinya. Yuk kita simak sama-sama apa saja sih tanamannya.

  1. Cocor bebek

Tanaman cocor bebek ini dapa digunakan untuk obat ambeien yang mujarab karena zat yang dikandungnya bermanfaat bagi tubuh. Didalamnya terkandung glikosida, damar, kalsium, tanin, dan asam formiat yang berfungsi sebagai antiradang yang efektif.

Cara penggunaanya yaitu dengan menjemur daun cocor bebek di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Kemudian daun di tumbuk sampai halus dan seduhlah seperti Anda ingin minum teh lalu minum seduhan tersebut.

  1. Kulit manggis

Xanthone yang ada dalam kulit manggis berfungsi sebagai antioksidan yang efektif. Bukan hanya itu, kulit manggis juga berfungsi sebagai antibakteri, antiradang, antikanker, dan antidiabetes. Menurut penelitian, turunan senyawa xanthone yaitu alfa-mangistin dan gamma-mangostin bermanfaat untuk menghentikan proses peradangan yang terjadi dengan menghambat enzim COX-2 yang menjadi pemicu terjadinya peradangan.

Cara mengobatinya yaitu kulit manggis dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian direbus dan minumlah air rebusannya.

  1. Bawang putih

Bawang putih bisa digunakan sebagai pengobatan untuk ambeien. Salah satu kandungan yang ada didalamnya, yaitu aliicin berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri.

Cara menggunakannya yaitu 2 siung bawang putih ditumbuk halus dan dioleskan ke benjolan yang ada disekitas anus. Anda juga bisa meminumnya dengan cara dibuat jus bawang putih setiap hari. Pengobatan ini harus dilakukan secara rutin agar benjolan cepat kempes.

Itulah tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan ambeien secara alami. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Cacar air, perawatan dan pencegahan penularan kepada orang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *