Cara Berbuka Puasa Yang Sehat, Mudah Dan Mengikuti Sunnah.

Posted on

sehatmudah.com– Waktu senja selalu ditunggu, kala langit berangsur merah  dan semakin gelap. Kesejukan hembusan angin menerpa hamba-hamba yang seharian  diderita teriknya matahari.  Sang surya berangsur tenggelam di ufuk barat. Sungguh fenomena alam yang luar biasa. Anugreah Pencipta semesta.

Tentunya berbeda ketika Ramadhan tiba. Arti tenggelamnya matahari menjadi hal yang istimewa, waktu berbahagia karena waktunya berbuka bagi yang menjalankannya.

Agar  berbuka menjadi hal yang istimewa, sehat dan membawa kabaikan, tentunya harus dijaga pola makan dan  minumnya. Yuk simak pola berbuka yang sehat, mudah dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW. menyampaikan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah SAW.  bersabda, “Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Pola makan Sehat dan Sunnah Ketika Berbuka  Puasa

Bersegeralah berbuka dengan meminum air putih

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA. berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW. tidak mengerjakan shalat Maghrib hingga berbuka puasa kendati hanya dengan seteguk air.” (HR. Tirmidzi. Hadits Hasan)

Meminum banyak cairan seperti air putih akan mencegah dehidrasi sehingga tersedia cairan penting bagi tubuh. Air puith merupakajn sumber hidrasi terbaik tentunya.

Awali dengan kurma

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. biasa berbuka dengan beberapa biji ruthab (kurma masak yang belum jadi tamr) sebelum shalat Maghrib; jika tidak ada beberapa biji ruthab, maka cukup beberap biji tamr (kurma kering); jika itu tidak ada juga, maka beliau minum beberapa teguk air.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi. Hadits Hasan Shahih)

Ushakan berbuka dengan kurma masak atau kering dengan jumlah yang ganjil. Kurma merupakan sumber gula alami yang bergizi. Apabila Anda merasakan  sakit kepla saat  berpuasa, boleh jadi Anda kekurangan gula darah atau  gula darah rendah. Dengan makan kurma akan menambah kadar gula darah.

 

Selebihnya Anda bisa menambah dengan makan ringan lainnya, tentunya sebaiknya setelah  selesai sholat magrib. Anda dapat melanjutkan dengan ;

Makan sup hangat

 

Air dalam sup akan membantu utnuk mencukupi kadar air dalam tubuh Anda. Sup yang dipilih boleh sup ayam, atau lainnya.

Sayur mayur sebagai menu lainnya

 Tetnu saja sayuran  kaya vitamin, mineral dan serat. Banyak nutrisi dan sedikit kalori. Semakin berwarna  sayuran Anda, semakin banyak manfaat kesehatan

Carilah karbohidrat  yang baik

Karbohidrat kompleks akan menjadikan sumber energi  yang stabil.  Selain dari sayuran boleh juga dari beras, gandum atau roti serta kentang.

Tentukan dengan protein tanpa lemak

 

Daging sapi, susu, yogurt, telur, ikan dan jenis ungags serta keju mempunyai kandungan protein dengan kualitas tinggi.

Jangan berlebihan ketika berbuka

 

Usahakan makan tidak terburu-buru serta tidak mengikuti hawa nafsu, dengan memakajn semua yang ada secara berlebihan.  Akibat dari terlalu banya makan akan membuat gangguan pencernaan  dan masalah lambung lainnya.  Anda harus dapa menjaga pola makan dengan makan seperti biasa walaupun terasa sangat lapar.

Cobalah Anda praktikkan, insya Allah bermanfaat dan sehat untuk tubuh Anda.

Demikian semoga bermanfaat. Dari berbagaio sumber.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *