Campak Pada Anak, Gejala  dan Cara Mengobatinya

Posted on

Campak merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Campak dikenal juga dengan Rubeola. Sebelum adanya imunisasi campak yang diprakarsai pemerintah dan gencar digalakkan, penyakit ini menjadi salah satu penyakit endemic, akibatnya  banyak terjadi kematian.

Penyebab penyakit ini  adalah virus  dalam keluarga paramyxovirus yang biasa terjadi akibat kontak langsung  dengan penderita atau lewat udara. Virus ini akan menginfeksi saluran pernapasan dan akan menyebar ke seluruh tubuh.

Penyakit ini mempunyai ciri adanya ruam kulit berwarna kemerahan yang muncul sekitar 7-14  hari setelah paparan. Ruam ini bertahan selam 4-10 hari.

Apabila terjadi pada anak-anak,  bisa menyebabkan komplikasi serius, bila tidak segera ditangani  dengan konsultasi ke dokter.

Penyakit campak ini biasanya terjadi pada anak-anak. Akan tetapi orang dewasapun bisa terkena apabila waktu kercilnya belum mengalaminya.  Tentunya, apabila Anda dapat mengurang terhadap resiko dengan mengkonsultasikan ke dokter terhadap penyakit campak ini.

Campak Pada Anak, Gejala  dan Cara Mengobatinya

Gejala- gejala  Campak

Anda akan melihat gejala campak sekitar seminggu hingga dua minggu  setelah terinfeksi viru. Gejala awal yaitu adanya demam tinggi bisa mencapai 40 ° C. Kemudia mata berair dan merah, pilek, bersin-bersin, batuk kering, sensitif terhadap cahaya, lelah, dan nafsu makan mulai menurun

Setelah 2 atau 3 hari setelah muncul  gejala campak awal, lalu gejala berikutnya muncul bintik-bintik putih keabuan di mulut dan tenggorokan.

Selanjutnya akan muncul ruam merah kecoklatan dimulai dari sekitar telinga, kepala, leher dan seluruh tubuh. Ruam ini akan Nampak setelah 4 hari gejala campak awal muncul  dan akan bertahan  sekitar 5-6 hari. Biasanya setelah ruam turun, demam tinggi akan mulai turun.

Apabila Anda khawatir ada gejala lain segeralah Anda berkonsultasi ke dokter agar kekhawatiran segera teratasi.

Cara mengobati campak

Informasi ini bukanlah pengganti nasihat medis. Anda pastikan tetap berkonsultasi ke  dokter.

Beberapa informasi berikut bisa dijadikan pengobatan sementara apabila anak atau bayi Anda menderita campak. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Banyak istirahat
  2. Kurangi bahkan batasi kontak dengan lingkungan sekitar.
  3. Asupan makanan harus tetap dijaga

Biasanya karena nafsu makan menurun maka akan susah makan. Anda bisa memberikannya bubur. Hindari gorengan dan makanan dan minuman dingin

  1. Tetaplah mandi

Pastikan dengan sabun yang tidak membuat iritasi pada kulit, dan keringkan dengan handuk yang halus. Kemudian berikan bedak khusus gatal.

  1. Banyak minum air putih

Agar cairan tubuh tetap terjaga karena demam tinggi dapat mengurangi cairan tubuh anak Anda.

  1. Minum obat yang dapat meredakan nyeri

Sekali lagi ini hanya sekedar pengobatan sementara, Anda sebaiknya tetap selalu berkonsultasi ke dokter Anda.

Demikian info kesehatan ini, Semoga menjadi informasi kesehatan yang berguna.

Baca juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *