Cacar air, perawatan dan pencegahan penularan kepada orang lain

Posted on

sehatmudah.com– Bagaimana memberikan perawatan kepada penderitan cacari dewasa dan pencegahannya agar tidak menular kepada orang lain?. Anda dapat menyimak ulasan berikut.

Cacar air yang diderita orang dewasa dikarenakan oleh virus herpes varicella Zoster Virus ( VZV).  Cacar air ini merupakan penyakit yang mudah menular kepada siapa saja yang dekat dengan yang sakit. Penyakit ini biasanya banyak diderita anak-anak, pada kenyataannya orang dewasapun juga dapat mengalaminya.

Cacar air, perawatan dan pencegahan penularan kepada orang lain

Bagaimana perawatan cacar air dewasa agar cepat pulih ?

Apabila ada anak Anda terkena cacar air, sementara Anda belum pernah mengalaminya, maka Anda  harus waspada. Karena cacar air bisa menyerang Anda. Seseorang yang pernah mengalami  penyakit ini, tidak akan terjangkit  penyakit yang sama kedua kalinya.

Ketika bercak sudah mulai mongering,  Anda harus paham bahwa si penderita sudah aman untuk didekati, karena pada saat itulah virus akan mnyebar kepada siapapun yang kondisinya tubuhnya tidak fit. Bersabarlah untuk segera beraktivitas, tunggu sampai kondisi benar-benar pulih dari penyakit cacar air ini.

Apabila bekas luka terasa gatal, Anda harus menahan untuk menggaruknya. Ketika Anda menggaruknya maka akan berdampat pada  lambatnya proses penyembuhan dan hanya akan  meningkatkan risiko infeksi oleh bakteri. Cukup kalau gatal, ditepuk tepuk saja atau pakailah sarung tangan.

Bolah juga Anda mandi pakai air hangat ( suam-suam kuku ) agar dapat mengurangi gatal atao oleskan juga losion calamine secara tipis-tips pada bekas luka.

Hindari  mengonsumsi ikan atau seafood untuk penderita agar tidak semakin gatal.  Pilihan makanan yang dapat dikonsumsi antara lain  sayuran hijau, daging dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Bagaimana agar penularan cacar air kepada orang lain dapat dicegah ?

Menjaga kebersihan :

  • Usahakan orang yang serumah dengan penderita cacar air untuk mencuci tangan dengan sabun
  • Bagi yang sedang merawat penderita cacar air agar menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum keluar kamar penderita.

Menjaga kuku tetap pendek

Usahakan kuku penderita cacar air selalu pendek untuk menghindari agar bercak  tidak tergores ketika menggaruk kulit yang terasa gatal.

Tetap di rumah untuk sementara

Tinggal di rumah sementara waktu. Hindari  bepergian ke tempat umum dan jauhkan diri dari jangkauan anak-anak. Hal ini dilakukan agar  virus cacar air tidak menyebar dan menular kepada oaring lain

Demikian semoga bermanfaat. Salam sehat selalu

Dari berbagai sumber

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *