Apa saja Makanan yang Harus dihindari ketika Sahur ?

Posted on

sehatmudah.com– melaksanakan sahur bagi yang akan berpuasa merupakan kegiatan yang diberikan pahala sunnah. Merupakan perintah Rasulullah SAW. Sebagai wujud syukur dalam mengarungi ibadah puasa.

Allah SWT memrintahkan kepada semua manusia agar mengonsumsi makanan yang baik, halal dan juga bergizi.

Sahur sebelum berpuasa tenentulah menjadi hal istimewa, terlebih sahur di bulan Romadhan. Tentunya yang mesti diperhatikan adalah ketika makan sahur Anda harus mengonsumsi makanan yang akan menjadi energy Anda selama 12 jam ke depan selam berpuasa Ramadhan. Oelh karena itu Anda harus memperhatikan makanan yang  akan Anda konsumsi. Termasuk makanan yang harus Anda hindari.

Pada kesempatan ini akan dibagiakn  untuk Anda makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sahur Ramdhan.

Apa saja Makanan yang Harus dihindari ketika Sahur ?

Makanan asin

Makanan yang asin rasanya akan dapat menyebabkan hipertensi, selain itu dapat juga mempercepat rasa haus, karena memang distimulasi oleh rasa asin tersebut.

Beberapa contoh makanan yang asin yang bisa Anda hindari saat sahur adalah acar, kuaci, kacang yang diasinkan dan makanan kaleng. Karena mengandung kadar garam yang tinggi. Sebaiknya Anda juga mengurangi kadar garam dalam masakan yang akan Anda hidangkan untuk makan sahur.

Minum Kopi

Kopi itu mempunya sifat yang laksatif, yaitu komponen dalam kopi yang menstimulasi kerja usus besar sehingga tubuh kemudian membuang sisa pencernaan tersebut. Bisa jadi Anda akan sering ke toilet karena mengonsumsi kopi ini.

Hal lainnya, karena kopi mempunyai sifat asam  yang dapat mengganggu kenyamanan perut Anda. Komponen tersebut yaitu chlorogenic acid yang dapat memicu naiknya kadar keasaman perut juga meningkatkan produksi asam lambung.

Untuk itu, hindarilah mengonsumsi kopi saat sahur, agar kondisi lambung Anda tidak terganggu.

Makanan berlemak tinggi

Akibat dari makanan tinggi lemak bergantung kepada tipe lemak yang Anda makan, dan kecenderungan Anda bereaksi terhadap makanan tersebut. Harus dipahami bahwa makanan yang mengandung lemak tinggi bekerja dengan dua cara, yaitu dapat memperlambat proses pengosongan perut sehingga memperburuk gejala sembelit. Yang kedua dapat mempercepat kerja system pencernaan sehingga menimbulkan diare.

Apabila sahur, Anda sebaiknya menghindari atau mengurangi mengonsumsi makanan tinggi lemak agar terhindart dari diare dan konstipasi saat berpuasa.

Makanan pedas

Makanan pedas juga akan memicu rasa haus terus menerus. Apalagi bagi penderita maag agar menghindari makanan pedas ini agar terhindar dari meningkatnya asam lambung.

Demikian beberapa makanan yang dapat Anda hindari saat sahur. Semoga puasa yang Anda jalankan tuntas selesai san dapat ridha Allah .SWT.

Sumber : hello sehat

Baca juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *