Apa Itu Stroke, Gejala  Dan Pengobatannya ?

Posted on

sehatmudah.com– stroke yaitu penyakit yang terjadi tatkala pasokan darah ke otak terganggu atau bahkan berkurang sama sekali, akibatnya jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Dalam beberapa saat sel-sel otak mulai mati. Penyakit ini  bisa menimbulkan kematian atau bisa juga meyebabkan kerusakan permanen.

Jenis stroke

Penyakit stroke ini terdiri dari beberapa jenis tergantung  kondisinya :

Stroke iskemik

Penyakit stroke iskemik yaitu kondisi yang terjadi tatkala pembuluh darah yang mengirim darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Jenis stroke seperti ini paling banyak terjadi. Hampir 87 persen kasus stroke diakibatkan oleh stroke iskemik ini.

Bekuan darah ini biasanay terjadi karena penumpukan timbunan lemak di lapisan dalamk pembuluh darah. Nah sebagiannya bisa lepas dan memblokir aliran darah di otak.

Stroke hemoragik

Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak mengalami pecah atau kebocoran. Penyakit stroke semacam ini terjadi hampir 13 persen dari keseluruhan kasus stroke yang pernah diderita pasien.

Preoses terjadika storke hemoragik  yaitu berawal dari pembuluh darah yang melemah, kemudian pecah dan menumpahkan darah ke daerah sekitarnya. Akibatnya darah yang bocor jadi menumpuk dan menghambat jaringan otak. Dengan kondisi seperti ini dan pendarahan berlanjut, maka akan terjadi kematian atau koma panjang  pada seorang pasien.

Stroke ringan

Penyakit stroke ringan  yaitu kekurangan darah pada system saraf yang berlangsung singkat, sekitar 24 jam kurang, boleh jadi hanya beberapa menit. Kondisi ini  terjadi apabila bagian otak tidak mendapat pasokan yang cukup. Anda harus berhati-hati dengan kondisi ini.

Gejala Stroke

Gejala penyakit ini bisa terjadi tiba-tiba dan selalu menyerang satu sisi bagian tubuh, dan akan semakin memburuk antara 24 – 72 jam. Gejala  yang mungkin terjadi seperti berikut :

  • Mendadak Sakit kepala
  • Hilang keseimbangan dan bermasalah dalam berjalan
  • Kelelahan
  • Koma atau hilang kesadaran
  • Vertigo dan pusing
  • Penglihatan yang buram dan hitam
  • Mati rasa pada sebagian tubuh
  • Berbicara dan pendengan mulai tidak jelas

Apabila ada kondisi lain  yang tidak ada pada gejala stroke tersebut, segera berkonsultasi ke dokter Anda. Kondisi seperti apapun yang Anda merasa tidak nyaman, segerlah periksa ke dokter. Dengan  berkonsultasi ke dokter dan pola makan yang sehat, hidup yang teratur bisa membuat Anda terhindar dari jenis penyakit ini. Demikan semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber

Baca juga :

Mengenal Diabetes dan Gejalanya

Sakit Maag Saat Berpuasa, ini Solusinya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *