Pernah Mengalami Luka bakar ? Daun Pegagan Solusinya

Posted on

 

Tak jarang, insiden yang menyebabkan luka bakar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak pula obat sintetik yang beredar di masyarakat. Pada umumnya selain obat sintetik, perawatan luka bakar biasanya dilakukan oleh masyarakat dengan mengolesi bagian luka dengan minyak, mentega, kecap, atau pasta gigi. Padahal dalam kenyataannya tindakan seperti itu bisa menghambat proses penyembuhan dari luka dan malah risiko dari terjadinya infeksi meningkat.

Namun, ternyata ada alternatif pengobatan lain dari tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat luka bakar ini, yaitu pegagan. Daun pegagan ternyata dapat digunakan sebagai alternatif dalam perawatan luka bakar karena kandungan yang dimilikinya seperti asiatikosiada, asam asetat, dan madecassisode atau triterpenoida.

Anda Pernah Pernah Mengalami Luka bakar ? Daun Pegagan Solusinya

dengan nama latin Centella asiaticaI ini menurut penelitian dari Pusat Teknologi Farmasi dan Medika, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi membuktikan bahwa ekstrak pegagan meregenerasi kulit tanpa efek samping.

Senyawa triterpenoid inilah yang memiliki aktivitas penyembuhan luka yang luar biasa. Sebuah penelitian dari farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta telah meneliti kandungan asiatikoside yang juga dapat berperan dalam penyembuhan luka. Penelitian tersebut dilakukan dengan penggunaan fornula gel ekstrak dari herba pegagan dengan campuran gelling agent carbopol 934 yang dapat mempercepat penyembuhan luka bakar.

Selain untuk penyembuhan luka, pegagan memiliki efek yaitu merangsang pertumbuhan rambut dan kuku, penurun panas, peluruh kencing, mencegah varises dan salah urat, antibakteri, antiinflamasi, meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh, serta menurunkan gejala stress dan depresi.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pegagan dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, namun penurunan ini tidaklah drastis, jadi bisa digunakan untuk penderita pada pasien usia lanjut.

Demikian info tanaman yang berhsiat mengatasi luka bakar. Semoga bermanfaat.

Baca yang lain :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *