Kenapa Minum Tidak Boleh Sambil Berdiri ? Inilah Dampak Buruknya

Posted on

sehatmudah.com –¬†Anda punya kebiasaan minum sambil berdiri ? Artikel ini akan sedikit menguraikan dampak buruk aktivitas tersebut. Ketika kita merasakan haus, maka kita langsung mengambil sesuatu untuk diminum bukan? Selepas bermain atau beraktivitas yang membuat kita merasa haus, kita langsung minum. Tak jarang orang memiliki kebiasaan minum sambil berdiri.

Tapi tahukah Anda bahwa minum sambil berdiri dapat menyebabkan berbagai macam penyakit? Pasalnya, selain tidak dianjurkan dalam ajaran agama, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Menurut ilmu Aryuveda, minum air sambil berdiri dapat menekan dinding perut. Kondisi seperti ini disebabkan karena air yang mengalir langsung dari kerongkongan menuju lambung. Selain itu, minum sambil berdiri dapat membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tertolak oleh tubuh. Berikut masalah yang dapat disebabkan akibat kebiasaan buruk minum sambil berdiri.

  1. Masalah paru-paru

Minum sambil berdiri dapat menekan suplai oksigen pada saluran pipa makanan dan batang tenggorokan. Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan masalah pada paru-paru dan jantung.

  1. Masalah ginjal

Ketika kita minum air sambil berdiri, air akan mengalir dengan tekanan tinggi ke ginjal. Tanpa kita sadari, kebiasaan seperti ini dapat membebani kerja dari ginjal karena air datang dalam volume yang besar secara tiba-tiba sehingga muncul masalah pada ginjal.

  1. Nyeri sendi

Masalah kesehatan lainnya adalah minum air sambil berdiri dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan pada sendi dan dapat menyebabkan artritis yang biasa ditandai dengan gejala nyeri sendi.

  1. Mengganggu sistem pencernaan

Kebiasaan buruk minum sambil berdiri ini membuat air yang masuk ke dalam tubuh akan mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut. Cipratan ini dapat mengakibatkan sistem pencernaan rusak dalam jangka panjang.

Sementara, jika kita minum dengan posisi duduk, otot dan sistem saraf dalam kondisi rileks dan membuat cairan yang masuk bisa cepat dicerna dengan baik bersamaan dengan makanan lainnya.

  1. Saraf-saraf akan menegang jika minum sambil berdiri

Saraf dalam tubuh kita dapat menegang saat kita minum dalam keadaan berdiri. Namun ketika kita minum dengan posisi duduk, maka tubuh akan lebih rileks sehingga saraf tak akan tegang. Proses penyerapan air yang diminum pun bisa berjalan dengan baik.

Jadi, Bisakah kita biasakan kebiasaan baik minum sambil duduk dari sekarang. Karena kesehatan dimulai dari kebiasaan hidup kita sehari-hari.

Demikian semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat selalu.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *