Sakit yang Bagaimana Boleh tidak Berpuasa ? Inilah Penjelasannya

Posted on

Bulan Ramadhan segera hadir di depan kita. Kehadiran bulan suci sangat ditunggu. Penuh rahmat, keberkahan serta ampunan membuat bulan ini dirindukan. Berpuasa merupakan aktivitas ibadah yang bersentuhan dengan fisik manusia. Sehingga salah satu anjuran berpuasa adalah agar selalu sehat.

Boleh tidak berpuasa salah satunya bagi yang sakit. Sakitnya seperti apa ? itulah yang mesti Anda ketahui, jangan karena sakit ringan sudah tidak berpuasa. Sayang sekali.

Empat madzhab dan kebanyakan ulama berpendapat bahwa orang yang sakit tidak boleh berbuka di bulan Ramadhan, kecuali bila sakitnya berat.

Sakit yang Bagaimana Boleh tidak Berpuasa ? Inilah Penjelasannya

Sakit dikatakan berat adalah :

  • Sakitnya akan bertambah apabila tetap berpuasa
  • Kesembuhan dari sakitnya akan lama apabila tetap berpuasa
  • Akan mengalami kepayahan yang sangat, walaupun penyakitnya tidak semakin parah dan tidak lama kesembuhannya.
  • Juga ada ulama yang menambahkan dengan orang khawatir terkena penyakit disebabkan berpuasa.

Beberapa penjelasan ulama  tentang hal ini seperti yang diungkapkan oleh ibnu Qudama rahimahullah berkata di kitab  Al-Mugni, 4/403:

“Diantara penyakit yang menjadi sebab  dibolehkannya berbuka adalah (penyakit) berat yang akan bertambah  karena berpuasa atau khawatir lambat kesembuhannya. Dikatakan kepada Ahmad: “Kapan orang sakit berbuka?” Beliau menuturkan “Ketika dia tidak mampu.” Dikatakan: “Seperti demam?” (beliau) berkata: “Penyakit apa lagi yang lebih berat dibandingkan humma (demam)!”

Pendapat ulama yang lainnya seperti  pendapat Imam Nawawi rahimahullah berkata dalam kitab Majmu, 6/261: “Orang sakit yang merasa lemah untuk berpuasa karena sakit dan ada harapan sembuh, dia  tidak diharuskan berpuasa, jika jelas-jelas dia merasa berat berpuasa. Tidak disyaratkan harus sampai pada kondisi puncak yang membuatnya tidak mungkin berpuasa. Apalagi teman-teman kami (semazhab) berkata: “Syarat dibolehkannya  berbuka adalah apabila diperkirakan berat bagi seseorang menanggungnya karena berpuasa.”

Beberapa kondisi orang yang  diperbolehkan tidak berpuasa :

  • Orang yang sakit parah
  • Orang yang dengan kondisi ini boleh tidak berpuasa, tetapi di bulan lain ketika sudah sehat harus mengganti puasa yang ditinggalkannya. Kecuali untuk lansia yang tidak mempu berpuasa, ia  harus membayar fidyah
  • Orang yang sakit kanker. Gagal jantung, liver dan diabetes
  • Orang sedang menjalani cuci darah
  • Penderita maag akut
  • Orang yang harus rutin minum obat

Demikian beberapa info kesehatan untuk Anda  dalam menyiapkan diri mengahadapi Ramdhan tahun ini. semoga sehat dan Anda dapat berpuasa dengan penuh kesabaran.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *